Penumpang Odar Turun sampai 50 Persen Imbas Social Distancing

Pengemudi ojek daring di jalanan Jakarta. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Penerapan menjaga jarak sosial (Social Distancing) turut berimbas pada pendapatan pengemudi ojek daring (odar). Penumpang mereka turun hingga 50 persen. Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia, Igun Wicaksono menjelaskan, mekanisme menjaga jarak sosial tidak dapat diberlakukan pada profesi odar. Sebab pengemudi dan penumpang akan duduk dalam jarak yang tak bisa berjauhan.

“Karena pastinya driver dan penumpang akan duduk di sepeda motor dalam jarak hanya beberapa centimeter,” kata Igun saat dihubungi Indonesiainside.id, Rabu (18/3). Dia memaparkan, yang sangat berpengaruh adalah kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah. Sebab, aktivitas masyarakat di jalanan menjadi berkurang.

Otomatis menyebabkan pengguna penumpang odar menurun cukup signifikan. Igun memperkirakan penurunan penumpang dari situasi normal berkisar 30-50 persen. “Karena sebagian besar penumpang pelanggan ojol adalah juga para karyawan dan anak sekolah,” imbuh dia.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatalan, penting sekali untuk mengetahui cara-cara pencegahan penularan antarwarga. Pemprov DKI, kata dia, menggarisbawahi apa yang selama ini menjadi pesan ‘jaga jarak’. Setiap warga juga harus memastikan diri selalu dalam kondisi bersih dan mencuci tangan rutin,

“Pastikan bahwa bila kebijakan untuk bekerja di rumah, maka bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah juga di rumah. Ini adalah cara-cara yang bila dikerjakan secara aktif, maka kita menjadi orang yang ikut menghentikan penyebaran covid-19,” ucapnya di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (18/3).

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta akan meneruskan kampanye social distancing itu di seluruh fasilitasi publik, termasuk soal langkah-langkah yang harus dikerjakan. Mulai dari rumah tangga, perkantoran, tempat-tempat ibadah, hingga tempat kegiatan umum lainnya. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here