Di Makassar, Harga Gula Pasir Naik dan Pembeliannya Dibatasi

Ilustrasi gula pasir. IRT keluhkan harga gula p asir yang melambung dan dibatasi pembeliannya. Foto: Istimewa

indonesiainside.id, Makassar–Sejak sebulan terakhir ini, Ibu Rumah Tangga (IRT) mengeluhkan stok gula di sejumlah swalayan yang mulai berkurang. Lalu, dua pekan lalu, harga gula pasir melonjak yang biasanya hanya Rp12.000 menjadi Rp18.000.

Bukan hanya itu, di sejumlah toko dan swalayan di Kota Makassar juga membatasi pembelian gula pasir, satu orang hanya diperbolehkan beli sebanyak 2 kilo sehari, untuk kebutuhan pokok seperti minyak dan gula.

“Semakin susah rasanya kita beli gula. Sudah dinaikkan harganya dibatasi lagi,” ujar Marlina, saat ditemui ketika belanja di Swlayan Ramayana, MTos, Tamalanrea.

Warga Kabupaten Maros ini, baru saja dari Kabupaten Takalar dan ingin kembali ke rumahnya, tetapi singgah belanja di Ramayana. Hampit semua rak , terpasang pemberitahuan hanya bisa membeli 2 pcs. Jumlah tersebut bagi dia, tentu saja tidak cukup untuk kebutuhannya selama sebulan. Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan larangan untuk keluar rumah.

Kata Marlina, dalam sebulan dia menggunakan gula 4-5 kilo. Jumlah tersebut sudah cukup untuk digunakan sehari-hari minum teh, dan membuat kue atau cemilan. “Kalau begini susah, kebutuhan pokok naik. Kemari gula yang naik, lalu bawang putih, bawang merah,” keluhnya. Dia berharap semoga secepatnya bisa teratasi.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan kota Makassar, Andi Muhammad Yasir, Meminta kepada para dsntributor, pimpinan Mall, Hypermart, Supermarket, Minimarket dan tokoh agar tidak menaikkan harga untuk jenis barang tertentu. Serta tidak melakukan penimbunan khusunya sembilan bahan pokok.

Hal tesbut disampaikan, melalui surat edaran dari Dinas Perdagangan  bernomor:800/0500/Disdag/III/2020,  ditanda tangani Andi Muhammad Yasir, yang dikeluarkan pada 19 Maret. Meminta para pelaku usaha memperhatikan upaya pemerintah dalam menimalisir Covid-19.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here