BI: Investor Apresiasi Langkah Indonesia Tangani Covid-19

perry wardjiyo
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Indonesiainside.id, Jakarta –  Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan telekonferensi pers dengan para investor, termasuk investor asing. Hal itu dilakukan, supaya investor mendapatkan pandangan, di tengah upaya pemerintah Indonesia dan global dalam memerangi virus corona (covid-19) yang berdampak ke ekonomi.

“Sejak pekan lalu, kami sudah lakukan telekonferensi dengan investor dan dengan Wamenkeu dan Dirjen Perimbangan Keuangan. Saya juga melakukan. Dan nanti sore juga telekonferensi, akan diikuti banyak investor,” ujar Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dalam telekonfersi pers perkembangan ekonomi terkini, Jakarta, Kamis (26/3).

Hasil dari teleconference pekan lalu, ialah investor asing memberikan apresiasi terhadap langkah-langkah antisipasi, yang dilakukan pemerintah dan BI.

“Apa yang kami dapatkan, mereka apresiasi langkah pemerintah baik dari sisi ekonomi. Kami pastikan ke mereka, BI selalu ada di pasar baik valas maupun SBN (Surat Berharga Negara),” kata Perry.

“Kami kasih confidence ke mereka. Mereka juga confidence terhadap kondisi ekonomi Indonesia yang baik dan mereka tentu saja tidak bisa disalahkan dengan persepsi mereka, karena saat itu pelaku usaha di dunia dan investor panik. Makanya fenomena dana asing keluar terjadi, tidak hanya di Indonesia” imbuh Perry.

Dampak dari telekonferensi pekan lalu kepada investor itu, menurut Perry sudah mulai terasa hari ini. “Kelihatan pada hari ini. Kami lihat beberapa investor mulai beli aset keuangan, baik saham, SBN, meski tidak besar. Ini menunjukkan begitu kepanikan berakhir dan bagaimana kita kelola ekonomi,” kata Perry. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here