Kemendag Minta Bulog Gelar Operasi Pasar hingga Akhir Tahun

Warga memilih beras dalam operasi pasar komoditas pangan di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Pemerintah melalui Perum Bulog melakukan optimalisasi kegiatan operasi pasar dalam rangka mencegah dan menangani terjadinya gejolak harga pangan khususnya terkait kekhawatiran masyarakat akibat pandemi virus Corona atau COVID-19. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menugaskan Perum Bulog menjaga stabilitas ketersediaan beras untuk masyarakat. Salah satunya melakukan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga (KPSH) atau operasi pasar hingga akhir Desember 2020.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto mengatakan, dalam rangka mempermudah pemerataan penyaluran beras medium kepada masyarakat, Bulog sudah bekerjasama dengan ritel modern di seluruh Indonesia.

“Harapan kami dengan kerjasama ini beras medium Bulog dapat ditemui oleh masyarakat di ritel-ritel modern. Umumnya sudah ada di masing-masing kota maupun kabupaten,” ungkap dia dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (25/3).

Selain itu, Kemendag sudah menugaskan Bulog untuk melakukan KPSH beras medium hingga akhir tahun. “Penugasan kami kepada Bulog melaksanakan KPSH yang dahulunya orang meneganal operasi pasar hingga akhir Dsember 2020,” jelas Suhanto.

Dia menyebutkan, saat ini stok beras di Bulog mencapai 1,5 juta ton. “Di mana informasi saat ini Bulog masih menguasai beras sekitar 1,5 juta ton,” kata dia.

Sebelumnya Perum Bulog menjamin pasokan stok beras dalam kondisi aman mencukupi kebutuhan konsumsi, terutama selama masa penanganan pandemi virus corona atau covid-19. Stok beras yang dimiliki Bulog sebesar 1,6 juta ton tersebar di gudang seluruh Indonesia.

“Bulog memiliki stok 1,6 juta ton setara beras yang tersebar di seluruh Indonesia dan 300 ribu ton ada di Gudang Bulog Kelapa Gading Jakarta, sehingga tidak ada alasan untuk harga beras naik selama masa penanganan penyebaran pandemi virus corona,” kata Direrktur SDM dan UMUM Perum Bulog Bagya Mulyanto. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here