Lockdown, Maskapai Lion Air Hentikan Penerbangan ke Papua Sepekan

Maskapai Lion Air. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Maskapai Lion Air menghentikan sementara layanan penerbangan ke Papua. Penghentian penerbangan dilakukan selama sepekan mulai hari ini (26/3) sampai 9 April 2020 pukul 23.59 WIT.

“Penundaan sementara sesuai pemberitahuan dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X mengenai penutupan penerbangan penumpang di Bandar Udara Provinsi Papua,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro lewat pesan elektronik, Kamis (26/3).

Dia menjelaskan, penghentian sementara dilakukan berdasarkan situasi penyebaran virus corona (Covid-19). Sebagai upaya tindakan preventif menangkal masuknya virus dari Cina itu.

Selama ini, operasional Lion Air di Papua memiliki rata-rata 35 frekuensi penerbangan per hari. Mencakup kota Jayapura, Merauke, Mimika, Nabire, Yahukimo, dan Jayawijaya.

Pemerintah Provinsi Papua menutup akses masuk orang dari luar Papua untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19. Penutupan akses orang ini baik bandara maupun pelabuhan laut berlaku mulai Kamis (26/3) mendatang.

“Untuk transportasi barang boleh masuk, manusia yang tidak boleh masuk,“ kata Gubernur Papua, Lukas Enembe kepada wartawan usai rapat bersama forkopimda, para bupati dan wali kota di Gedung Negara, Kota Jayapura, Selasa (24/3).

Enembe memastikan tidak memberlakukan status lockdown di Papua. Namun, lanjutnya, ada beberapa daerah wilayah adat di Papua yang dianggap perlu ditutup karena rawan penyebaran covid-19. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here