Pemerintah Keluarkan Recovery Bond Antisipasi PHK akibat Covid-19

Demo tolak PHK. Foto: Komoditas

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemerintah akan mengeluarkan surat berharga negara (SBN) jenis baru untuk membiayai kebutuhan penanggulangan virus corona. Sekretaris Menteri Kooedinator Perekonomian, Susiwijono mengatakan pemerintah akan menerbitkan recovery bond untuk menutup biaya penanggulangan wabah ini.

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang menjadi landasan hukum untuk penerbitan SBN baru ini tengah digodok. “Ini nanti akan ada Perppu, karena BI untuk sekarang hanya bisa beli dari secondary market. Ini nanti Perppu-nya keluar,” ujar Susiwijono, di Telekonferensi pers BNPB, Jakarta, Kamis (26/3).

Recovery bond merupakan surat utang pemerintah dalam rupiah yang nantinya bisa dibeli oleh Bank Indonesia atau swasta. Dana yang terkumpul oleh pemerintah akan disalurkan kepada dunia usaha dalam bentuk kredit khusus. Recovery bond akan dirancang seringan mungkin bagi dunia usaha.

Namun, ada dua syarat bagi perusahaan yang hendak memanfaatkan skema kredit khusus itu. Pertama, perusahaan tidak boleh melakukan PHK terhadap pekerjanya sama sekali.

Kedua, kalau perusahaan terpaksa melakukan PHK, perusahaan harus mempertahankan 90% dari jumlah pekerjanya tanpa melakukan pemotongan gaji. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here