Garuda Rencanakan Penerbangan Langsung ke Beberapa Negara Setelah Pandemi Berakhir

Pilot Garuda Indonesia. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta-Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menjelaskan jika sebuah maskapai ingin bertahan hidup ditengah pandemi virus corona (Covid-19), mereka juga harus memikirkan tentang penjadwalan ulang, pengalihan rute, dan pengembalian uang penumpang. Irfan menilai, Garuda sedang membicarakan hal tersebut dan optimis bahwa perusahaan yang dia pimpin akan melewati masa krisis.

Saat ini, Irfan mengatakan jika dia telah berdiskusi dengan pihak berwenang dari India, Australia, Rusia, Selandia Baru, Jerman, dan Prancis. Dia mengaku sedang berdiskusi tentang adanya penerbangan langsung dari Jakarta dan Denpasar ke beberapa kota di negara-negara tersebut.

“Kami sedang berbicara dengan beberapa otoritas tentang kemungkinan untuk memiliki penerbangan langsung,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Ahad (29/3).

Dia mengaku, beberapa dari mereka memiliki respon yang negatif, bahkan mengatakan rencana tersebut gila. “Saya jawab iya. Saya sedang membicarakan itu sekarang, tapi kita akan mengeksekusi nanti setelah pandemi berakhir,” ujar dirut yang baru dilantik 3 bulan lalu itu.

Disamping mencari jalan keluar akibat kerugian secara global, Irfan menuturkan Garuda sebenarnya juga merasakan kerugian ketika memiliki kewajiban untuk membantu pemerintah memulangkan warga dari negara yang terinfeksi virus corona. Namun, hal ini harus dilakukan Garuda sebagai mitra pemerintah, seperti yang dilakukannya saat memulangkan ABK Diamond Princess di Yokohama Jepang.

“Apakah kita kehilangan uang dalam penerbangan itu? Tentunya. Kami masih kehilangan uang dengan tidak terbang. Jadi daripada begitu, ayo kita terbang saja,” ucapnya.

“Dalam situasi saat ini, dinyatakan dengan sangat jelas bahwa pemerintah bertanggung jawab untuk memastikan orang Indonesia di luar negeri aman dan jika mereka ingin kembali, kami akan menerbangkannya kembali,” tambahnya. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here