Meski Gencar Operasi Pasar, Harga Gula Pasir di Medan Masih Melebihi HET

Tumpukan gula
Ilustrasi gula . Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Medan – Harga gula kristal putih di Pasar Medan bertahan di atas harga eceran tertinggi (HET) atau sekitar Rp15.000 per kilogram (kg). Kondisi tersebut terjadi di tengah langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Kota Medan menggelar pasar murah dan operasi pasar (OP).

‌Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Zonny Waldi mengaku, berdasarkan pantauan di pasar tradisional, harga gula pasir rata-rata masih Rp14.750-Rp15.000 per kg.

‌”Padahal Pemerintah sudah menggelar pasar murah dan OP gula sesuai HET Rp12.500 per kg,” kata Waldi di Medan, Ahad (17/5).

Untuk itu, kata dia, Pemprov Sumut akan terus berupaya mengendalikan harga gula pasir. Harapannya, harga gula dapat ditekan seiring dengan digelarnya operasi pasar murah.

‌Pemimpin Perum Bulog Sumut Arwakhuddin Widiarso menegaskan, Bulog juga terus menggelontorkan gula dengan harga sesuai HET. ‌”Bulog Sumut juga terus berupaya memperkuat stok,” kata Widiarso.

‌Bulog Sumut berencana memasok gula secara keseluruhan dengan total 2.750 ton hingga menjelang Idul Fitri. ‌”Sebagian gulanya sudah masuk dan terus dijual ke masyarakat,” ungkapnya. (ASF)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here