Ikappi: 214 Pedagang Pasar Tradisional Positif Covid-19

Ilustrasi pasar. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) mencatat, hingga saat ini sebanyak 214 pedagang dinyatakan positif virus corona (Covid-19). Sebanyak 19 orang di antaranya meninggal dunia.

Ketua Umum Ikappi Abdullah Mansuri menyebutkan, kaasus positif Covid-19 lokasinya tersebar di Indonesia. “Ada beberapa data masuk hari ini, meskipun belum direkap ada sekitar 214 pedagang,” ujar dia kepada Indonesiainside.id, Jumat (29/5).

Abdullah menambahkan, Pasar Raya Padang menjadi penyumbang kasus terbanyak. Sebanyak 110 kasus atau lebih dari separuh kasus terjadi di Pasar Raya Padang yang mana 3 orang diantaranya meninggal dunia.

Meskipun diakui, hingga kini belum ada antisipasi yang massif untuk mencegah penularan Covid-19 di pasar tradisional. “Kita hanya membuat edaran atau SOP protokol kesehatan untuk memperlambat penyebaran Covid-19 di pasar tradisional,” kata Abdullah.

Dia mengatakan, angka tersebut diperoleh dari beberapa kabupaten yang giat melakukan rapid test di pasar tradisional. “Ini mrmbuat kita bisa menetahui para pedagang positif Covid-19,” uajr dia.

Untuk itu, dia mendorong pemerintah agar melakukan rapid test Covid-19 di pasar-pasar tradisional. “Fungsinya dua ntuk mendeteksi dini klaster baru pasar tradisional dan membuat efek jera kepada pedagang atau penjual memggunakan protokol kesehatan,” jelas dia. (MSH)

 

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here