Gaji Ke-13 Cair Agustus 2020, Pejabat Negara, Eselon I dan II Tak Dapat

PNS
Ilustrasi PNS. Foto: asn.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Keuangan memastikan pembayaran gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) dilaksanakan pada bulan depan, Agustus 2020. Pemerintah akan memperbarui beberapa peraturan mengenai mekanisme pencairannya.

“Pembayaran gaji ke-13 akan direncanakan pada Agustus 2020 dan untuk pelaksanaan ini kita akan segera mengerluarkan revisi dari regulasi yang ada,” ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati pada konferensi pers virtual, Selasa (21/7).

Pemerintah akan merevisi PP Nomor 35 tahun 2019 tentang Pemberian Gaji Penisun atau Tunjangan Ketiga Belas dan PP Nomor 38 tahun 2019 tentang Pemberian Penghasilan Ketiga Belas kepada Pimpinan Pegawai NonPNS pada lembaga nonstruktural. Menkeu mengungkapkan, kebijakan pembayaran gaji ketiga belas mengacu pada pembayaran THR yang sudah dilakukan pada Mei lalu.

Gaji ketiga belas tidak diberikan pada pejabat negara, pejabat eselon satu, eselon dua, dan pejabat setingkat mereka. “Namun gaji dan pensiun ke-13 diberikan kepada seluruh ASN, TNI, Polri yang tidak masuk dalam kategori tadi,” ujarnya.

Pemerintah telah menganggarkan Rp28,5 triliun yang terdiri dari Rp6,73 triliun untuk gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji ASN pusat, dan Rp7,68 triliun untuk pensiun. Untuk pembayaran ASN daerah melalui APBD sebesar Rp13,89 triliun. (ASF)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here