Jokowi Minta Satgas PEN Jaga Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal III

Presiden Jokowi. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Presiden Indonesia Joko Widodo meminta Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjaga pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga agar bisa tumbuh positif.

Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin mengatakan Presiden Joko Widodo mengungkapkan hal tersebut saat bertemu dengan Komite Penanganan Covid-19 dan PEN di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (29/7).

Untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dan juga lapangan kerja, Satgas PEN  akan fokus pada dua program pemerintah dalam empat pekan kedepan.

Program utama yang akan difokuskan yakni berupa bantuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Produktif. Program pertama nantinya berupa bantuan sebesar Rp2,4 juta per orang.

“Bantuan itu adalah grant (hibah) dan bukan berupa kredit.  Bantuan dapat digunakan memenuhi kehidupan sehari-sehari, tapi dapat juga digunakan UMKM untuk mulai berusaha,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual.

Program kedua kata Budi yaitu mulai menyalurkan kredit usaha berbunga rendah kepada UMKM.

“Program ini bukan grant (hibah), melainkan pinjaman menggunakan mekanisme yang sudah ada. Targetnya mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pengusaha yang memiliki usaha rumah tangga,” tambah dia.

Program bantuan UMKM tersebut diberikan pada masyarakat korban PHK, atau yang baru memulai usaha. (AA/Msh)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here