Indonesia dan UEA Capai Kesepakatan Dagang Senilai Rp320 Triliun, Investasi Terbesar dalam Sejarah Tanah Air

Indonesiainside.id, Jakarta – Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) pada Kamis (30/7), mengumumkan pembuatan koridor khusus untuk memudahkan perjalanan bisnis dan diplomatik terlaksana, sebagai bagian dari sebuah kesepakatan investasi terbesar dalam sejarah perdagangan Indonesia.

Kesepakatan itu dicapai oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan mitranya dari Emirat, Abdullah bin Zayed Al-Nahyan, pada Rabu (29/7) malam.

Selama kunjungan ke Abu Dhabi pada Januari laly, Presiden Indonesia Joko Widodo menyepakati investasi di sektor energi, infrastruktur, dan pertanian senilai $22,9 miliar atau sekitar Rp320 triliun dalam apa yang secara resmi digambarkan sebagai kesepakatan perdagangan terbesar dalam sejarah Indonesia.

“Pengaturan koridor perjalanan yang aman antara Indonesia dan UEA sekarang berlaku,” kata Menteri Retno saat konferensi pers virtual. Menteri menambahkan bahwa perjalanan akan diizinkan untuk pelaku bisnis penting, pejabat pemerintah, dan diplomat, sesuai dengan protokol kesehatan pra-keberangkatan dan pasca kedatangan yang ketat untuk mencegah penyebaran penyakit virus corona.

Duta Besar UEA untuk Indonesia, Abdullah Salem Obeid Al-Dhaheri, yang juga menghadiri konferensi pers itu, mengatakan bahwa pemerintah Indonesia dan UEA merasakan prioritas mendesak untuk menyediakan jalan untuk kerja sama, meskipun ada pandemi Covid-19. “Dalam hal ini, kedua negara sepakat untuk membentuk perjanjian bilateral sementara untuk memfasilitasi pelonggaran perjalanan untuk bisnis, ekonomi, serta tujuan diplomatik dan resmi,” katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here