KKP Ingatkan Pentingnya Kemasan Dalam Sebuah Produk

Ilustrasi - berbagai kemasan produk perikanan. ANTARA/HO-KKP

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak berbagai pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan memperhatikan aspek pengemasan yang merupakan komponen penting dalam kesuksesan penjualan dan pemasaran produk perikanan.

“Keberhasilan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) produk perikanan salah satunya ditentukan dari kemasan sebagai identitas produk,” kata Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Nilanto Perbowo, dalam siaran pers di Jakarta, Senin (3/8).

Nilanto mengungkapkan dalam sebuah kemasan, di dalamnya terdapat label yang menjadi kata kunci keberterimaan produk di pasar lokal maupun global.

Apalagi, ia mengingatkan bahwa faktor produk perikanan sebagai bahan pangan yang diyakini mampu meningkatkan imunitas tubuh, memberi angin segar bagi kinerja usaha perikanan di masa pandemi.

Dengan pengemasan yang berkualitas, lanjutnya, baik dari sisi desain maupun bahannya, produk UKM perikanan memungkinkan menembus jaringan pasar modern dan e-commerce.

Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Daya Saing dan Nilai Tambah, Rina Sa’adah menekankan strategi RINA agar produk perikanan bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

RINA yang dia maksud ialah Repositioning, Innovation, New paradigm, Added value, dan dimulai dari menempatkan posisi citra merk terhadap produk perikanan tersebut, serta kemudian diperlukan inovasi sejak proses pengolahan hingga pemasaran.

“Jangan lupa, New Paradigma salah satunya Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia menjadi paradigma baru untuk menciptakan mindset masyarakat agar cinta produk lokal yang berdaya saing,” ujar Rina.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here