Edhy Prabowo: Kelestarian Terumbu Karang Dapat Dongrak Perekonomian

Indonesia dikenal surga terumbu karang. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan/KKP Edhy Prabowo mengatakan, terumbu karang merupakan hal yang penting bagi lautan Nusantara. Mengapa demikian? Edhy menyebut bahwa pelestarian dan pengelolaan terumbu selaras dengan laju pertumbuhan ekonomi kawasan pesisir.

Menteri Kelautan dan Perikanan menyebut bahwa hal itu tidak semata-mata dari nilai yang diperoleh dari komoditas kelautan dan perikanan, tetapi juga dari sektor pariwisata dan bidang lainnya yang terkait dengan perekonomian pesisir.

Menurut Edhy Prabowo, pelestarian dan pengelolaan terumbu karang hasilnya akan berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi pesisir mengingat biota laut ini punya nilai ekonomi tinggi.

Mengacu pada kajian United Nations Environment Program dua tahun lalu, nilai ekonomi terumbu karang Indonesia mencapai 37 miliar dolar AS pada 2030 bila dikelola dengan baik.

Edhy menegaskan perlunya keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan upaya pelestarian dalam mengelola kekayaan laut Indonesia, termasuk terumbu karang.

Menyadari peran terumbu karang yang begitu besar dalam ekosistem laut, Edhy meminta penanaman terumbu karang masif dilakukan oleh semua lapisan.

Apalagi, lanjutnya, terumbu karang punya manfaat lain yaitu sebagai penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya.

“Sudah saatnya kebijakan tidak semata-mata hanya untuk melarang pemanfaatan tanpa ada alasan tertentu yang mendasarinya atau tanpa justifikasi berbasis kajian ilmiah. Tentu pemanfaatan pun harus diimbangi dengan upaya konservasi. Kata kuncinya keseimbangan,” ucapnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here