Komisi Keuangan: Secara Teknikal Indonesia Sudah Resesi

Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhammad Misbakhun. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Anggota Komisi Keuangan DPR RI, Mukhamad Misbakhun, menilai Indonesia secara teknikal sudah mengalami resesi. Ini menyusul data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut pertumbuhan ekonomi di kuartal II Tahun 2020 sudah minus 5,32 persen.

“Namun saat ini yang menjadi permasalahan bukan resesi atau tidak, melainkan bagaimana kita membangun respon dan kemudian kebijakan-kebijakan yang memberikan solusi terhadap permasalahan ekonomi yang sedang dihadapi. Pandemi Covid-19 telah menngakibatkan aktivitas masyarakat terhenti, dan kemudian memberikan dampak ekonomi, ini yang harus diselesaikan. Dua permasalahan, yaitu pandemi dan masalah ekonomi sebagai dampaknya,” ucap dia di Jakarta, Jumat (7/8).

Politkus Partai Golkar itu mengklaim pemerintah telah berupaya mengatasi dua masalah tersebut. Namun ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan seketika, tetapi ada juga masalah yang harus dihadapi dengan kebijakan baru.

Dia menyebut pemerintah melakukan koreksi dan evaluasi terhadap kebijakan yang sudah ada. Ia juga mendengar pemerintah tengah melakukan exercise terhadap kebijakan-kebijakan baru untuk mengatasi permasalahan yang ada dilihat dari skala dan komplikasi yang ada. Salah satunya upaya mengatasi penurunan daya beli masyarakat.

Setelah semua itu dilakukan, pemerintah tinggal mencari strategi pembiyaan. Dia mengingatkan 57 persen kontribusi pembentuk pertumbuhan ekonomi Indonesia itu adalah sektor konsumsi rumah tangga. Jika konsumsi rumah tangga terpuruk karena pandemi, namun kebijakan pemerintah tak menyasar ke sana, maka Indonesia akan semakin terpuruk.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here