PKB: Perekonomian Desa Bisa Cegah Resesi

Ketua Fraksi PKB MPR, Jazilul Fawaid. Foto: Muhajir

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKB, Jazilul Fawaid, merasa yakin pemerintah bisa mengatasi bayang-bayang resesi dan pertumbuhan ekonomi minus 5,32 persen jika memaksimalkan potensi ekonomi di pedesaan. Dia menyebut desa yang subur menyimpan potensi sumber daya alam dan tumbuhan bernilai ekonomi tinggi.

Jazil mencontohkan pohon kopi, cengkeh, tembakau, lada, hingga rempah-rempah tumbuh di pedesaan dan dikelola oleh masyarakat. Menurut dia, jika potensi itu dimanfaatkan oleh pemerintah, maka desa bisa menjadi pusat perekonomian masa depan.

Selain itu, daerah pesiri yang kaya dengan sumber daya kelautan juga tidak bisa diremehkan. Dia mendorong pemerintah mengelola secara profesional potensi yang ada di desa dan pesisir. Dua potensi ekonomi itu bisa menjadi penyelamat agar Indonesia tidak terjung ke jurang resesi.

“Dirikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Dengan adanya Bumdes, ada nilai tambah di sana. Juga menyerap tenaga kerja dari masyarakat,” ujar Jazil di Jakarta, Senin (10/8).

Jazil menyebut Bumdes yang ada masih kekurangan peralatan dan sumber daya manusia. Maka itu, dia menegaskan bahwa peran pemerintah sangat penting dalam hal ini. “Kementerian terkait harus bersama dengan pemerintah daerah membantu dan mendorong agar mereka lebih profesional dalam mengelola dan menggerakkan potensi desa,” ucap dia. (Msh)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here