Jelang HUT RI: Rupiah Malah Kedodoran

Ilustrasi rupiah. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat(14/8) sore, ditutup melemah seiring masih mandeknya kesepakatan terkait pemberian paket stimulus lanjutan di AS.

Rupiah ditutup melemah 20 poin atau 0,14 persen menjadi Rp14.795 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.775 per dolar AS.

“Pasar, bagaimanapun, tetap fokus pada pembicaraan paket stimulus AS yang macet minggu lalu,” kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Jumat.

Pemimpin Mayoritas Senat AS Mitch McConnell dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan kedua belah pihak masih jauh dari kesepakatan.

Hal itu juga disampaikan oleh penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow yang mengatakan bahwa dialog menemui jalan buntu.

Sementara itu, rilis data klaim pengangguran AS lebih baik dari perkiraan. Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara bagian turun 228.000 menjadi 963.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 8 Agustus lalu.

Itu adalah level terendah sejak pertengahan Maret ketika pihak berwenang mulai menutup bisnis yang tidak penting untuk memperlambat penyebaran virus.

Dari domestik, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan Rancangan Undang Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 beserta Nota Keuangan dalam Sidang Paripurna DPR di Jakarta, Jumat.

Presiden menyampaikan dalam RAPBN 2021 pemerintah mengalokasikan anggaran Rp356,5 triliun yang digunakan untuk melanjutkan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here