Marwan Jafar Ingin RUU BUMDes Masuk Prioritas Prolegnas

Indonesiainside.id, Jakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi PKB sekaligus mantan menteri Desa, Pembangunan Daerag Tertinggal dan Transmigrasi (mendes PDTT) Marwan Jafar mendorong Rancangan Undang-Undang (RUU) Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes) sebagai prioritas Program Legislasi Nasional (Prolegnas) untuk memperkuat ekonomi desa.

“Inisiatif usulan RUU BUMDes merupakan gagasan populis, sinergis dan implementatif sebagai tindak lanjut dari pengaturan umum dalam Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Presiden Jokowi bahkan menyebut dalam Pidato Kenegaraan Agustusan, perlunya BUMDES untuk mendorong ekonomi rakyat,” kata Marwan di Jakarta, Senin(17/8).

Ia mengatakan bahwa usulan RUU BUMDes itu adalah sebagai pengaturan khusus-rinci atas perundangan tentang desa. RUU tersebut juga, katanya, sangat layak didorong untuk menjadi prioritas pembahasan di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

“Kita juga perlu mengkritisi dan memberi masukan konstruktif terhadap rancangan perundangan BUMDes ini,” ucapnya.

Marwan mengatakan bahwa proses pembahasan RUU BUMDes juga mesti dikawal bersama semua pemangku kepentingan, akademisi, dan juga perlu mendapat masukan dari kementerian dan lembaga terkait serta seluruh fraksi di DPR dan kalangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebagai pihak pengusul.

“Lahirnya perundangan yang memayungi keberadaan BUMDes akan sangat strategis. Terutama dalam konteks berperan penting mendorong memperkuat perekonomian rakyat di tingkat desa, pedalaman atau perbatasan,” ujarnya.

Peluang-peluang serta kerja sama bisnis maupun sinergi dengan BUMN dan BUMD juga diharapkan dapat terwujud sehingga bisa saling menguntungkan, terukur dan berkelanjutan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here