Pelni Tuai Berkah di Masa Pandemi, Muatan Kontainer Tumbuh 300 Persen

Salah satu kapal Pelni. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mencatat muatan kontainer kapal tol laut sepanjang Semester I 2020 mencapai 2.869 TEUs, tumbuh hampir 300 persen dibandingkan capaian di periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 941 TEUs.

“Muatan tol laut tumbuh 300 persen dari Semester I 2019 sebanyak 941 TEUs menjadi 2.869 TEUs pada Semester I 2020. Muatan naik ini kontribusi terbesar dari trayek ke arah Morotai,” kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro dalam paparan daring di Jakarta, Rabu(19/8).

Yahya menuturkan kinerja kapal barang di awal Semester II 2020 juga tercatat positif dengan adanya kenaikan yang signifikan pada Juli lalu dengan muatan mencapai 959 TEUs.

Dua trayek yang padat muatan yakni T-10 (Tidore-Morotai-Buli-Maba-Pulau Gebe-Tidore) dan T-15 (Tanjung Perak-Makassar-Morotai-Surabaya) berkontribusi sebesar 406 TEUs pada Juli 2020.

Yahya menjelaskan meski kondisi pandemi sangat berdampak signifikan terhadap kinerja bisnis Pelni, perseroan mampu menjaga kinerja positif dalam penugasan tol laut. Ia mengatakan atas kinerja tersebut, perseroan pun mendapatkan apresiasi dari Kementerian Perhubungan sebagai operator dengan muatan paling banyak.

“Di tengah pandemi, kita bisa tumbuh 300 persen lebih tinggi dibanding tahun lalu itu tidak hanya mendapat apresiasi dari internal tapi juga dari Kemenhub. Ini muatan paling banyak dibandingkan operator lain,” katanya.

Menurut Yahya, salah satu upaya yang dilakukan dalam mendorong peningkatan muatan kapal tol laut yakni bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat untuk bisa mengisi muatan balik.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here