Kemenhub Finalisasi Dokumen Rencana Pembangunan Bandara Kediri

Rencana pembangunan bandara Kediri. Foto: antara

Indonesiainside.id, Surabaya – Kementerian Perhubungan mengungkapkan saat ini pembangunan bandar udara di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, masih dalam finalisasi penyiapan dokumen dalam proyek dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan, Nafhan Syahroni di Kediri, Kamis, mengemukakan pihaknya juga terus mengawal rencana pembangunan bandar udara di Kabupaten Kediri ini.

“Saat ini pembangunan sudah masuk tahap finalisasi penyiapan dokumen proyek KPBU yang direncanakan akan diprakarsai oleh PT Gudang Garam. Berdasar informasi, Gudang Garam saat ini telah mengupayakan penyediaan lahan 370 hektare untuk lahan bandara tahap satu,” katanya di Kediri.

Pihaknya sengaja datang ke Kabupaten Kediri dalam kegiatan konsultasi publik pembangunan bandar udara. Kementerian Perhubungan juga mempunyai peran serta tugas untuk merajut konektivitas daerah, secara khusus melalui sektor transportasi udara.

Untuk itu, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara juga terus mempercepat tersedianya infrastruktur tanpa terus bertumpu pada APBN.

“Salah satu opsi adalah skema KPBU sebagai instrumen pembiayaan, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 38 tahun 2015 tentang KPBU dalam penyediaan infrastruktur. Skema tersebut memberikan ruang pengalokasian risiko yang proporsional kepada para pihak terlibat guna menghasilkan bentuk layanan optimal kepada masyarakat,” kata dia.

Pihaknya mengungkapkan berdasarkan estimasi kebutuhan ultimate bandar udara di Kabupaten Kediri ini membutuhkan lahan 450 hektare. Lahan tersebut tergolong besar, sehingga bandara ini diharapkan dapat menjadi satu kesatuan sistem pelayanan bandara di Jatim, khususnya menjadi bandara komplementer Bandara Juanda.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here