American Airlines PHK 19 Ribu Karyawannya, Terbanyak Pramugari

Pramugari American Airlines. foto: YouTube

Indonesiainside.id, Jakarta – American Airlines akan kembali merumahkan 19.000 karyawannya pada bulan Oktober kecuali pemerintah Amerika Serikat memperpanjang dukungan finansialnya ke maskapai penerbangan AS itu.

Maskapai itu kini dilaporkan tengah berjuang dengan kondisi buruk dengan penurunan tajam perjalanan dan jumlah penumpang selama pandemi virus corona.

Dari semua jenis pekerjaan yang dikurangi, Pramugari akan menanggung dampak terbesar. Sekitar 8.100 pramugari akan kehilangan pekerjaan, lansir Al-Jazeera, Rabu(26/8).

Perusahaan juga menambah cuti dan pemberhentian karyawan yang diumumkan pada hari Selasa(25/8). Setelah sebelumnya sekitar 23.500 karyawan yang sudah dirumahkan duluan.

American Airlines sebelumnya memiliki sekitar 140.000 karyawan tetapi pada Oktober nanti akan berkurang menjadi 100.000 orang, artinya 40.000 orang akan di PHK.

Perjalanan dengan moda udara di AS anjlok 95 persen pada April lalu, beberapa minggu setelah wabah virus corona signifikan pertama di AS. Lalu lintas penumpang telah sedikit pulih setelahnya tetapi anjlok sekitar 70 persen dari tahun lalu, sehingga memaksa operator melakukan kebijakan pengetatan.

Pengumuman American dilakukan sehari setelah Delta Air Lines juga memutuskan akan mengurangi 1.941 pilotnya pada bulan Oktober kecuali jika mereka mencapai kesepakatan pemotongan gaji dengan serikat pilot.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here