Arab Saudi Boikot Produk-Produk dari Turki

Raja Salman bersama Putra Mahkota Muhammad bin Salman. Foto: Anadolu

Indonesiainside.id, Riyadh – Arab Saudi secara resmi akan memboikot produk Turki minggu ini setelah berbulan-bulan melakukan tekanan kepada para pebisnis lokal untuk tidak berdagang dengan Ankara sebagai bagian dari embargo.

Menurut Press TV, Senin(28/9), larangan Saudi yang akan mulai berlaku minggu ini, ditujukan untuk memberikan pukulan pada ekonomi Turki yang sudah lumpuh, tulis harian Cumhuriyet dalam laporannya Minggu lalu.

“Pelanggan kami telah terbiasa dengan produk Turki, mereka puas. Namun, mereka tidak dapat membeli barang kami lagi. Mereka mengatakan kirim saja melalui negara ketiga,” kata laporan itu mengutip pernyataan seorang pengusaha Turki.

Pebisnis yang menolak disebut namanya itu menjelaskan para pengusaha kecil dan menengah bingung lantaran ekspor ke Saudi, terutama dari provinsi Hatay, Gaziantep, dan Diyarbakir telah dihentikan.

Arab Saudi telah menekan bisnis lokal untuk tidak berdagang dengan Turki dan industrinya dalam upaya untuk meningkatkan boikot tidak resmi.

Menurut laporan bulan Juli oleh Middle East Eye, mengutip informasi dari pejabat Turki, Kerajaan telah mencegah truk yang membawa buah dan sayuran segar melintasi perbatasan Saudi.

Surat kabar Turki Dunya juga melaporkan bahwa pemerintah Saudi telah menghubungi para pebisnis individu dan memerintahkan mereka untuk tidak berdagang dengan perusahaan Turki atau membeli produk apa pun yang dibuat di Turki. Pemerintah akan mengenakan denda kepada perusahaan mana pun yang mengabaikan perintah ini.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here