Jepang Mulai Izinkan Orang Asing Masuk

Indonesiainside.id, Tokyo–Jepang mulai mengizinkan masuknya orang asing dari seluruh dunia mulai Kamis (1/10), tetapi tidak dari golongan wisatawan. Orang asing yang diperbolehkan masuk ke Jepang hanya berasal dari kalangan profesional seperti pendidik, dokter, pelajar dan lain-lain, kutip laman Reuters.

Orang asing yang memenuhi syarat harus dites negatif untuk Covid-19 sebelum masuk atau setibanya di Jepang. Hanya mereka yang memenuhi syarat untuk tinggal jangka menengah atau panjang selama tiga bulan atau lebih.

Sedangkan sponsor mereka, seperti perusahaan atau organisasi yang terlibat diharapkan memastikan bahwa mereka melakukan isolasi selama 14 hari dan selama jangka waktu tersebut mereka tidak diperbolehkan menggunakan angkutan umum. Pemerintah Jepang mengatakan akan mempertimbangkan masuknya 1.000 orang asing ke negara itu setiap hari, terutama bagi mereka yang berencana tinggal selama tiga bulan atau lebih, sambil berupaya untuk meningkatkan jumlahnya dalam beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya, Jepang mengizinkan orang asing dengan status penduduk Jepang yang baru-baru ini berada di luar negeri untuk diizinkan masuk kembali. Sementara para ekspatriat dan penduduk jangka panjang lainnya dari beberapa negara Asia juga diizinkan masuk ke negara tersebut.  Ini termasuk dari Vietnam, Thailand dan tujuh negara ekonomi lainnya yang telah membuat perjanjian timbal balik. (NE)

 

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here