Indonesia Akan Punya Lembaga Keuangan Syariah Terbesar di Dunia

Logo Bank BRI Syariah

Indonesiainside.id, Jakarta – Tiga dari bank syariah milik negara memulai proses merger pada hari Selasa untuk menjadi entitas dengan aset lebih dari 200 triliun rupiah ($ 13,5 miliar) dan berpotensi menjadi salah satu dari 10 lembaga keuangan syariah teratas di dunia.

“Ini tonggak pertama dan menandai dimulainya persiapan proses merger ketiga bank syariah milik negara tersebut. Penggabungan ini bertujuan agar Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim di dunia memiliki bank syariah yang besar dan berdaya saing global, ”ujar Hery Gunardi, Vice President Bank Mandiri, Selasa(13/10).

Ketiga bank tersebut adalah Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan Bank BNI Syariah dan masing-masing merupakan anak perusahaan dari perusahaan perbankan konvensional masing-masing yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI.

Gunardi mengatakan kesepakatan merger bersyarat (CMA) untuk ketiga pemberi pinjaman telah ditandatangani pada Senin malam.

Hal itu disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan pada Selasa pagi sebagai bagian dari kewajiban keterbukaan informasi publiknya sebagai perusahaan publik di bursa.

“Penggabungan akan memungkinkan bank memiliki kapasitas untuk menghasilkan lebih banyak bisnis, menjadi bagian dari sukuk global, dan berpotensi menjadi salah satu dari 10 bank syariah global teratas berdasarkan kapitalisasi pasar,” katanya.

Pengumuman untuk rencana merger resmi diharapkan berlangsung pada akhir Oktober dengan proses sebenarnya dijadwalkan akan dimulai pada Februari tahun depan.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here