Pakai Teknologi Pembudidaya Lele di Cirebon Produksinya Meningkat

Lele

Indonesiainside.id, Jakarta – Pembudidaya lele di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengaku sangat terbantu dengan teknologi pemberian pakan ikan, karena bisa meningkatkan produksi sebanyak 10 persen.

“Peningkatannya sekitar 10 persen dibandingkan dengan cara manual,” kata Ketua Kelompok Pembudidaya Lele Kersa Mulya Bakti Cirebon Suganda di Cirebon, Rabu(21/10).

Suganda mengatakan peningkatan produksi lele hasil budi daya kelompoknya dibantu teknologi pemberi pakan ikan secara otomatis.

Sebelum menggunakan teknologi pemberian pakan ikan yang dinamakan efishery, pihaknya masih dengan manual.

“Kalau memberikan pakan dengan manual itu kendalanya banyak dan juga kurang efisien,” ujarnya.

Dia mengaku setelah menggunakan teknologi pemberian pakan ikan, produksi bisa digenjot sampai dengan 10 persen.

Menurut Suganda, pihaknya bisa mengatur pemberian pakan secara tepat waktu, sehingga ikan lele yang dibudidayakan bisa bertumbuh lebih baik.

Selain itu pemberian pakan ke ikan juga lebih mudah, sebab dari jarak jauh pun selagi telepon pintarnya hidup, maka bisa diberikan.

“Kalau menggunakan manual tentu ada kendalanya seperti hujan dan ketika ada keperluan mendadak, sehingga ikan makannya tidak teratur, tapi setelah ada teknologi ini, kami sangat terbantu dan ikan lebih cepat besar,” tuturnya.
Dia mengatakan untuk saat ini produksi ikan lele kelompoknya sudah berkisar 4 ton lebih per hari dan ini memberikan dampak yang baik bagi perekonomian mereka.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here