29 Juta Penduduk Usia Kerja Indonesia Terdampak Covid-19

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Bendungan Ciawi di Bogor, Jawa Barat, Senin (20/1/2020). Bendungan Ciawi yang proses pengerjaannya telah mencapai 45 persen itu dibangun untuk mengendalikan aliran air dari hulu Sungai Ciliwung saat terjadi peningkatan debit air sehingga dapat mengurangi resiko banjir di Jakarta. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj)

Indonesiainside.id, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan sebanyak 29,12 juta penduduk usia kerja Indonesia terdampak dari pandemi Covid-19 berdasarkan data survei Agustus 2020.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan International Labour Organization (ILO) menyarankan agar perhatian terkait dampak pandemi tidak hanya pada peningkatan jumlah pengangguran saja, tetapi juga perlu memperhatikan besaran pekerjaan yang hilang akibat pandemi.

“Komponen dari dampak Covid-19 terhadap pasar kerja antara lain timbulnya pengangguran, bertambahnya bukan angkatan kerja, penduduk yang sementara tidak bekerja, serta penduduk bekerja yang mengalami pengurangan jam kerja akibat dampak pandemi,” urai Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Kamis.

Dia menjelaskan dari 29,12 juta penduduk usia kerja yang terdampak pandemi, sebanyak 2,56 juta orang menjadi pengangguran karena Covid-19.

Kemudian, 0,76 juta orang menjadi bukan angkatan kerja karena Covid-19 dan 1,77 juta orang sementara tidak bekerja karena pandemi. “Selanjutnya, 24,03 juta orang masih bekerja, namun dengan pengurangan jam kerja karena Covid-19,” lanjut Suhariyanto.

Dia menambahkan dari 203,97 juta orang penduduk usia kerja, persentase penduduk yang terdampak Covid-19 mencapai 14,28 persen.

Sementara itu, pada Agustus 2020 juga terjadi peningkatan persentase tingkat pengangguran terbuka menjadi 7,07 persen dari posisi Agustus 2019 yang sebesar 5,23 persen. Jumlah pengangguran terbuka pada Agustus 2020 meningkat menjadi 9,77 juta orang dari jumlah pada Agustus tahun lalu sebanyak 7,1 juta orang. (Aza/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here