Covid-19 Memaksa Lahirnya Pengusaha-Pengusaha Baru

Sejumlah perajin membuat rak dari akar pohon di Galeri Sahabat Akar di Jalan Seroja Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (3/11/2020). Perajin Sahabat Akar muncul dari kreativitas warga yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi COVID-19, dengan mengolah limbah akar pohon jadi hiasan dan dijual berkisar Rp300 ribu hingga Rp800 ribu tergantung ukurannya. (ANTARA/FB Anggoro)

Indonesiainside.id, Jakarta – Daya beli masyarakat hingga kini belum pulih dan akan berlanjut hingga akhir tahun karena pendapatan masyarakat menurun akibat PHK. Namun, bagi mereka yang kreatif dan mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru kondisi ini akan menjadi peluang untuk bangkit di tengah pandemi.

Muliandy Nasution, Investment Senator the World Business Angels Investment Forum (WBAF) G-20 menilai Covid-19 akan melahirkan pengusaha-pengusaha baru. Yaitu mereka yang sebelumnya menjadi korban PHK mau tak mau akan banting setir menjadi pengusaha.

“Yang kita lihat bukan tidak akan bertahan tapi akan melakukan pergeseran karena harus lebih kreatif. Karena Covid-19 ini akan melahirkan pengusaha baru, karena korban PHK itu mau tidak mau akan menjadi pengusaha dan pengusaha yang lama pun mau tidak mau akan pivoting bisnisnya,” kata Muliandy di Media Centre Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dalam perbincangan “Pergeseran Kebiasaan Bertransaksi Dalam Masa Pandemi” yang disiarkan langsung melalui akun Twitter @BNPB_Indonesia, dikutip Kamis(5/11).

Menurut Muliandy, selain munculnya pengusaha baru, dari sisi konsumen juga terjadi perubahan dalam bertransaksi. Perubahan ini harus mampu ditangkap oleh pengusaha agar mampu survive atau bertahan bisnisnya.

“Jadi bukan hanya konsumen yang mengalami pergeseran transaksi tapi pengusaha juga akan melakukan pergeseran bisnisnya, misalnya dari usahanya, cara marketing yang biasanya offline kini menjadi online, kemudian yang biasanya melayani B to B karena adanya B to stagnan akhirnya memasuki B to C (Business to Consumen),’ujarnya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here