713 Hotel dan 212 Restoran di Badung Bali Terdata Penerima Bantuan untuk Bayar Karyawan

Seorang staf ebuah hotel mengenakan pelindung wajah saat melayani tamu di restoran, menyusul dibukannya kembali hotel di Pekanbaru, Rabu (10/6). Agensi Anadolu/Dedy Sutisna

Indonesiainside. Id, Badung – Ssbanyak 713 hotel dan 212 restoran yang ada di wilayah Kabupaten Badung, Bali, telah terdata sebagai calon penerima dari program dana hibah pariwisata.

“Sampai saat ini data untuk hotel yang masuk sekitar 713 hotel dari sebelumnya 542 hotel, kemudian untuk restoran sebelumnya hanya 158, setelah ada kelonggaran ini datanya menjadi 212 restoran. Sekali lagi, ini terus dinamis,” ujar Pjs. Bupati Badung I Ketut Lihadnyana di Mangupura, Badung, Jumat (6/11).

Pemanfaatan dana hibah dipergunakan untuk operasional hotel dan restoran. Di antaranya untuk membayar karyawan, pemeliharaan sarana prasarana.

Mekanisme pencairan dana hibah akan ditransfer dari kas negara ke kas umum daerah yang selanjutnya disalurkan kepada penerima serta pencairannya pun dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap pertama dan kedua.

Nantinya, dana hibah stimulus pariwisata tersebut akan dialokasikan sebesar 70 persen untuk usaha hotel dan restoran sedangkan 30 persen untuk pemerintah kabupaten.

“Yang 30 persen ini pun dibagi lagi menjadi dua yaitu 5 persen untuk pengawasan (APIP) dan 25 persen dalam bentuk program kegiatan oleh perangkat daerah diantaranya untuk penataan lingkungan, untuk kesehatan maupun mendorong kegiatan ekonomi yang terdampak COVID-19,” katanya.

Ketut Lihadnyana menjelaskan, karena program tersebut dalam bentuk hibah uang dan atas kebijakan pemerintah, oleh karenanya mekanisme pemberian hibah yaitu utama Badung sudah memiliki data sesuai dengan kriteria yaitu memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), pernah beroperasi dan membayar pajak tahun 2019.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here