Jokowi Dijadwalkan Resmikan Bandara Toraja dan Tol Layang Makassar

Maket Bandara Buntu Kunik Tana Toraja

Indonesiainside.id, Makassar– Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Bandara Buntu Kunik Tana Toraja dan Tol Layang AP Pettarani Makassar, Kamis, 12 November mendatang.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Biro Protokol Istana, Jusuf Permana, saat melakukan video conference dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel Abdul Hayat Gani, di Baruga Lounge Kantor Gubernur, Senin, 9 November 2020.

Sekretaris Provinsi Abdul Hayat Gani, mengatakan, untuk acara peresmian. Pemerintah provinsi tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tamu yang datang, tentunya akan melalui test swab untuk memastikan mereka bebas Covid-19. “Kita akan menyiapkan mobil PCR,”katanya, Senin (9/11).

Diketahui Bandara Buntu Kunik dibangun di atas tanah seluas 141 hektare, dengan panjang landasan pacu pada tahap awal sepanjang 1.600 meter yang bisa didarati pesawat jenis ATR. Kemudian apron seluas 94,5 x 67 meter dan taxiway 124,5 x 15 meter. Sedangkan luas bangunan terminal sekitar 1.000 meter persegi yang mampu menampung 150 penumpang.

Pada tahun 2018, pembangunan tahap I dilanjutkan oleh pemerintah pusat hingga akhirnya rampung pada pertengahan tahun 2020. Pesawat milik maskapai Wings Air menjadi pesawat komersial pertama yang mendarat di Bandara Toraja pada tanggal 20 Agustus 2020.

Pendaratan pesawat jenis ATR/72-600 itu dilakukan usai uji coba lintasan dengan pesawat jenis kalibrasi Hawker 900 XP milik Kementerian Perhubungan pada pekan sebelumnya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here