Harga Minyak Naik, Catatkan Kenaikan Tiga Hari Berturut-turut

Indonesiainside.id, New York – Harga minyak naik tipis pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), mencatatkan kenaikan tiga hari berturut-turut, saat selera risiko meningkat menyusul berita positif tentang kandidat vaksin COVID-19, dengan patokan minyak global Brent sempat menyentuh level tertinggi lebih dari dua bulan di atas 45 dolar AS per barel.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari naik 19 sen atau 0,4 persen menjadi menetap di 43,80 dolar AS per barel, setelah di awal perdagangan sempat mencapai tertinggi sesi 45,30 dolar AS — pertama kali telah melewati ambang 45 dolar AS sejak awal September.

Minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember menguat sembilan sen menjadi ditutup pada 41,45 dolar AS per barel, setelah mencapai tertinggi sesi tertinggi di 43,06 dolar AS.

Harga Brent dan WTI telah naik sekitar 11 persen sejauh minggu ini setelah data uji coba awal menunjukkan vaksin COVID-19 eksperimental yang dikembangkan oleh Pfizer Inc dan BioNTech Jerman 90 persen efektif.

Harapan vaksin COVID-19 telah meningkatkan permintaan namun kemudian mundur ketika kekhawatiran tentang meningkatnya kasus mengambil alih berita bullish. Kekhawatiran tentang meningkatnya kasus membebani pasar.

“Jumlah rekor kasus cukup untuk membuat semua orang kembali ke kenyataan,” kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho di New York.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here