Agar Kompetitif di Masa Pandemi, KKP Ajak Pengusaha Bersinergi Bangun Sistem Logistik Perikanan Nasional

Indonesiainside.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 membuat semua sektor usaha turut terdampak dan terbebani. Termasuk di dalamnya adalah sektor perikanan yang turut mengalami dampak akibat pandemi global ini.

Untuk membangkitkan perekonomian di sektor perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak perusahaan jasa transportasi dan distribusi ikut memperkuat sistem logistik perikanan nasional. Hal ini karena sebagian besar sentra produksi ikan ada di daerah sedangkan pengolahannya ada di Jawa.

“Kami mengajak para pengusaha jasa logistik untuk bersama-sama memperkuat sistem logistik perikanan nasional kita,” kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Artati Widiarti, di Jakarta, Sabtu(14/11).

Dengan kuatnya sistem logistik nasional di sektor perikanan diharapkan tidak ada lagi kendala pengiriman produk penghasil ikan di dearah menuju ke pusat sentra industri.

“Kita berharap agar ke depan ada satu perusahaan penyedia jasa logistik yang memiliki layanan angkutan multimoda, yang mendukung industri perikanan dan kelautan,” kata Artati.

Dengan itu para pelaku usaha perikanan ketika akan mengirimkan hasil kelautan dan perikanan tidak harus melakukan kontrak dengan satu sampai lima perusahaan jasa logistik. Tetapi, cukup dengan satu perusahaan jasa yang dapat menghubungkan darat, laut, dan udara dengan biaya logistik lebih efektif dan efisien.

“Jadi lebih efisien,” ujarnya.

KKP juga terus berupaya untuk memperkuat Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN) guna memperlancar distribusi ikan dari sentra produksi ke sentra industri.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here