PT KAI Siap dukung Logistik Perikanan dan Kelautan

Proyek kereta api trans Makassar-Parepare yang telah rampung sekitar 42 kilometer di Kabupaten Barru dari total panjang proyek 144 km. ANTARA Foto / Suriani Mappong

Indonesiainside.id, Jakarta – PT Kereta Api Logistik (Kalog) memastikan kesiapannya untuk mendukung penguatan sistem logistik termasuk untuk mengangkut beragam komoditas yang dihasilkan produsen sektor kelautan dan perikanan nasional.

Direktur Utama PT. Kalog Hendy Helmi dalam rilis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Minggu, menyebutkan bahwa komoditas perikanan bisa masuk dalam lini bisnis Kalog yang meliputi angkutan multikomoditas serta terminal logistik yang sudah dilengkapi dengan cold storage serta kurir logistik dengan menggunakan boks berpendingin.

“Kalog siap melancarkan distribusi produk perikanan dengan menggunakan jalur kereta yang terhubung mulai dari stasiun Merak (Cilegon) hingga stasiun Ketapang (Banyuwangi),” kata Hendy Helmi.

Ia memaparkan, beberapa terminal Kalog berpotensi untuk dijadikan Hub Konsolidasi dan distribusi perikanan di pulau Jawa seperti Cilegon, Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Cilacap, Surabaya, Malang , Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.

Lebih lanjut Hendry menerangkan bahwa posisi terminal-terminal Kalog yang berada di sepanjang lintas kereta api, dapat dengan mudah diakses moda truk dan moda lainnya. Bahkan, bisnis Kalog juga akan melayani angkutan akhir dengan moda lainnya atau integrasi multimoda.

“Ikan dari wilayah timur diangkut dengan kapal terus ditampung di pelabuhan, diangkut dengan reefer container kereta api dikirim ke Jakarta, dan begitu sampai Jakarta kita kirim dengan moda transportasi lain untuk sampai ke end user,” jelas Hendry.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here