Zhengzhou Luncurkan Layanan kereta barang ke Finlandia

Kereta barang dari China ke Finlandia. Foto: Xinhua

Indonesiainside.id, Jakarta – Rute kereta barang China-Eropa baru yang menghubungkan sentra transportasi China tengah, Kota Zhengzhou, dengan Helsinki di Finlandia diluncurkan pada Jumat (20/11) pagi.

Membawa 43 kontainer berisi barang-barang seperti masker medis sekali pakai, peralatan medis, dan pakaian pelindung, kereta tersebut berangkat dari Stasiun Putian di Zhengzhou pada Jumat sekitar pukul 10.40 waktu setempat. Total bobot kargo mencapai 461 ton, bernilai sekitar 3 juta dollar AS (1 dolar AS = Rp14.228).

Hingga Jumat, sebanyak 3.745 perjalanan telah dilakukan oleh kereta barang China-Eropa yang melayani antara Kota Zhengzhou dan kota-kota di Eropa, mengangkut lebih dari 2 juta ton kargo senilai 15,6 miliar dolar AS.

Layanan transportasi kereta China-Eropa dimulai pada 2011 dan dipandang sebagai komponen signifikan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra untuk meningkatkan perdagangan antara China dengan negara-negara yang berpartisipasi dalam inisiatif tersebut. Di tengah pandemi Covid-19, layanan tersebut tetap menjadi saluran transportasi yang andal. (EP/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here