Indonesiainside.id, Jakarta – Hasil riset Kredivo dan Katadata Insight Center menunjukkan promosi dan festival belanja online masih efektif menarik konsumen untuk berbelanja.
VP Marketing & Communications Kredivo, Indina Andamari mencatat jumlah rata-rata transaksi pada tanggal 11 September dan 12 Desember tahun 2020 meningkat hingga tiga kali rata-rata transaksi harian tahun 2020.
“Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan festival belanja tanggal kembar seperti 9.9 dan 11.11 terbukti masih efektif menarik konsumen untuk berbelanja,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (9/6).
Dia mencatat, pada tanggal-tanggal khusus tersebut, pukul 00.00 hingga 00.59 menjadi jam terpopuler konsumen melakukan transaksi belanja. Dia memaparkan, ada tiga kategori produk yang paling banyak dibeli konsumen pada hari spesial belanja online yakni fashion dan aksesorisnya, kesehatan dan kecantikan serta peralatan rumah tangga.
Sementara, kata dia, konsumen perempuan berbelanja lebih banyak selama periode tersebut, dengan transaksi 3,1 kali dibandingkan dengan konsumen laki-laki dengan transaksi 2,8 kali daripada hari biasa.
Meski begitu, dia mengakui jumlah transaksi pada hari Belanja Online 2020 menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Kata dia, jumlah transaksi konsumen perempuan pada Harbolnas 12 Desember tahun 2019 mencapai 5,7 kali lipat.
“Namun kehadiran festival belanja online dengan berbagai promo yang menarik masih cukup efektif meningkatkan jumlah transaksi di masa pandemi ini,” tutur dia. (Aza/AA)