Indonesiainside.id, Mumbai— Pendiri Nykaa Falguni Nayar (58) pada hari Rabu menjadi miliarder wanita ketujuh India dan miliarder mandiri terkaya dalam booming penawaran umum perdana (IPO) yang sedang berlangsung yang melihat raksasa e-commerce membuat debut blockbuster di Dalal Street, perusahaan induknya FSN mengambang di Bursa saham Mumbai. Beberapa saat setelah pasar dibuka pada hari Rabu, saham Nykaa sedang terdaftar di ₹ 2018 dengan sekitar 80 persen premium.
Menurut kantor berita Bloomberg, kapitalisasi pasar pengecer kecantikan dan mode mencapai penilaian keseluruhan 1 triliun rupee ($ 13,5 miliar) dalam lima menit pertama perdagangan. Dalam waktu satu setengah jam, kapitalisasi pasar Nykaa telah menyamai raksasa industri seperti Britannia, Godrej, dan IndiGo.
Dia yang sebelumnya adalah seorang bankir investasi menjadi pengusaha pada usia 50 tahun ketika meluncurkan platform e-commerce pada tahun 2012, yang menjual produk kecantikan dan perawatan pribadi melalui aplikasi seluler dan situs webnya. “Saya harap perjalanan Nykaa – kelahiran India, kepemilikan India, manajemen India – dapat menginspirasi Anda masing-masing,” kata Nayar sesaat setelah upacara pencatatan, hari ini.
Nykaa , startup unicorn pertama di India yang dipimpin oleh seorang wanita, didirikan oleh Falguni Nayar pada tahun 2012, menjual produk kecantikan dan perawatan pribadi melalui aplikasi seluler dan situs webnya. Delapan tahun kemudian, Nayar yang berusia 58 tahun hanya bergabung dengan enam miliarder wanita India lainnya, saat ia bergabung dengan jajaran sebagai miliarder mandiri terkaya.
Pada upacara pendaftaran pada hari Rabu, Nayar berkata, “Saya berharap perjalanan Nykaa – mimpi yang menjadi kenyataan yang lahir di India, dimiliki oleh orang India, dan dikelola oleh orang India – dapat menginspirasi Anda masing-masing.”
Nykaa (kata Sansekerta untuk aktris) dengan cepat menjadi populer di kalangan anak muda India yang paham teknologi – terutama wanita – yang lebih menyukai berbagai pilihan merek dibandingkan dengan apa yang ditawarkan di toko-toko lokal mereka. “Bagian terbaik tentang Nykaa adalah memungkinkan saya mengakses begitu banyak merek global yang belum pernah dijual di India sebelumnya,” kata pelanggan setia berusia 30 tahun Sanaeya kepada kantor berita AFP.
Dukungan solid juga hadir dari media sosial dan selebritas – aktris Bollywood Katrina Kaif juga berinvestasi di perusahaan tersebut – membantu meningkatkan popularitas Nykaa karena bersaing dengan perusahaan raksasa lainnya seperti Amazon dan Flipkart.
Nykaa juga telah memproduksi produk dengan merek sendiri sejak tahun 2015 dan yang terakhir mulai menjual pakaian dan peralatan rumah tangga. Produknya sekarang berkembang dengan 80 toko di 40 kota di India.
Nykaa juga mengharapkan pasar kecantikan dan perawatan pribadi India meningkat hampir dua kali lipat dari 2020 hingga 2025, mencapai hampir 2 triliun rupee. Meskipun Nayar menjual 4,8 juta saham melalui IPO, – bersama dengan suami dan anak kembarnya – akan terus memiliki lebih dari setengah perusahaan, dengan nilai sahamnya sebesar US $ 7 miliar AS Dolar.
Daftar miliarder wanita India lainnya adalah Kiran Mazumdar-Shaw (Biocon) dan Divya Gokulnath (Byju) yang merupakan satu-satunya jutawan yang dibuat sendiri. (NE)