Indonesiainside.id, Jakarta — Sentimen konsumen properti terhadap pasar properti nasional makin positif. Hal ini terlihat pada temuan survei Rumah.com Consumer Sentiment Survey H1 2022, yang menunjukkan indeks sentimen properti naik 3 poin dari periode sebelumnya menjadi 72 poin.
Kenaikan tersebut didorong oleh peringkat keterjangkauan yang lebih tinggi, tingkat kepuasan dan skor iklim properti hunian saat ini, persepsi yang lebih positif terhadap upaya pemerintah melalui berbagai stimulus yang dikeluarkan dan pandangan positif yang lebih tinggi terhadap harga properti
Marine Novita, Country Manager Rumah.com menyatakan bahwa hasil Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2022 menunjukkan adanya kenaikan indeks sentimen dimana secara keseluruhan tingkat kepuasan, peringkat keterjangkauan, dan skor iklim properti hunian saat ini mengalami kenaikan dari periode sebelumnya.
“Adanya kenaikan kepuasan terhadap iklim properti hunian saat ini didorong oleh peningkatan suplai properti yang tersedia di pasar, pengembalian investasi properti yang lebih tinggi serta meningkatnya kemudahan dalam mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR),” jelas Marine.
Rumah.com Consumer Sentiment Study adalah survei berkala dua kali dalam setahun oleh Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura untuk mengetahui dinamika pasar properti tanah air. Survei kali ini berdasarkan 1031 responden dari seluruh Indonesia yang berlangsung pada bulan Juli hingga Desember 2021.
Pandemi yang telah berlangsung selama 2 tahun membuat masyarakat Indonesia mengubah cara mereka mengkonsumsi dan mencari informasi termasuk di bidang properti. Mereka makin nyaman untuk mencari properti secara online dimana hasil Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2022 menunjukkan 2 dari 3 responden atau 64 persen responden nyaman memilih properti secara online. Sementara sekitar 46 persen responden merasa nyaman dengan melihat properti secara virtual.
Marine mengungkapkan bahwa mereka yang mencari properti secara online secara umum kini makin mengandalkan platform online seperti media sosial, portal properti dan situs perusahaan pengembang. Hasil Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2022 menunjukkan bahwa 73 persen responden menggunakan media sosial dan 59 persen responden lainnya menggunakan portal properti untuk mencari rumah.
Rumah.com sendiri selamai pandemi berlangsung (Maret 2020 – Desember 2021) mengalami pertumbuhan pengunjung hingga 135 persen dibandingkan periode yang sama di tahun-tahun sebelumnya.
“Lebih dari setengah todal responden sudah tidak mengandalkan platform tradisional seperti surat kabar, majalah, dan radio untuk mencari properti idaman. Hal ini seperti dinyatakan oleh 10 persen responden untuk surat kabar, dan masing-masing 6 persen untuk majalah dan radio,” pungkas Marine.