Indonesiainside.id, Jakarta – Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia kembali mengungkap bahwa sentimen konsumen Indonesia terhadap pasar properti nasional makin positif. Hal ini sebagaimana terlihat pada temuan survei Rumah.com Consumer Sentiment Survey H2 2022, yang menunjukkan indeks sentimen properti naik menjadi 59 poin.
Marine Novita, Country Manager Rumah.com menjelaskan bahwa indeks sentimen properti meningkat 2 poin dari periode sebelumnya. Kenaikan ini didorong oleh kepuasan yang lebih tinggi, peringkat keterjangkauan yang lebih tinggi, tingkat bunga wajar yang lebih tinggi, dan pandangan positif yang lebih tinggi pada harga properti.
“Meskipun demikian persepsi konsumen terhadap upaya Pemerintah untuk membuat perumahan terjangkau justru dinilai menurun menjadi 53 persen responden survei dari 56 persen pada periode sebelumnya. Hal ini bisa dilihat bahwa kebijakan Pemerintah dirasakan konsumen masih kurang kondusif,” kata Marine.
Kebijakan Pemerintah di sektor perumahan dinilai masih kurang kondusif apalagi bagi konsumen kelas menengah yang tidak terjangkau fasilitas subsidi namun penghasilannya masih pas-pasan untuk mencicil rumah non-subsidi.
Rumah.com Consumer Sentiment Study adalah survei berkala oleh Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia untuk mengetahui dinamika pasar properti tanah air. Survei kali ini berdasarkan 1000 responden dari seluruh Indonesia yang berlangsung pada bulan Juni hingga Juli 2022.
Marine menambahkan bahwa persepsi konsumen terhadap upaya Pemerintah yang memadai untuk membuat perumahan terjangkau mengalami penurunan sebagaimana dinyatakan oleh sekitar 1 dari 6 responden survei saja.
“Hanya sekitar 16 persen responden yang menganggap bahwa langkah-langkah pemerintah untuk mengatasi situasi saat ini menguntungkan konsumen properti. Angka ini merupakan penurunan cukup drastis dari 22 persen pada periode sebelumnya,” pungkas Marine.