Indonesiainside.id, Jakarta – Hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2022 menunjukkan masih banyak pencari rumah tidak tahu apa saja aspek yang seharusnya diketahui tentang proses pembelian rumah.
Marine Novita, Country Manager Rumah.com mengatakan, survei tersebut mengungkap 71 persen responden merasa telah memiliki pengetahuan yang cukup dalam urusan pembelian hunian.
Namun, ternyata mereka belum sepenuhnya tahu aspek-aspek penting yang justru perlu mereka ketahui, nyatanya hanya 16 persen responden yang benar-benar tahu tentang seluruh aspek pembelian hunian.
“Dari seluruh aspek pembelian hunian, yang paling tidak diketahui responden adalah tidak mengetahui seputar biaya-biaya ekstra yang perlu mereka keluarkan saat membeli hunian seperti dinyatakan oleh 17 persen responden, sementara 14 persen responden tidak mengetahui seputar aspek legalitas atau dokumen-dokumen penting dalam membeli hunian,” kata Marine.
Selanjutnya, kata Marine, 14 persen responden tidak mengetahui seputar skema pembiayaan, atau program pemerintah yang bisa mereka ambil untuk membeli hunian, dan 12 persen responden tidak mengetahui seputar pajak, seperti BPHTB, NJOP, atau PBB.
“Sedangkan 9 persen responden tidak mengetahui seputar kemampuan finansial dan persyaratan yang harus mereka penuhi untuk pembiayaan hunian, serta 6 persen responden tidak mengetahui seputar cara memilih hunian yang tepat, seperti dari faktor lokasi, harga, tipe, dan lain sebagainya,” pungkasnya.
Rumah.com Consumer Sentiment Study adalah survei berkala dilakukan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura untuk mengetahui dinamika pasar properti tanah air. Survei kali ini berdasarkan 1000 responden dari seluruh Indonesia yang berlangsung pada bulan Juni hingga Juli 2022. (*)