Teluk Love, Ikon Wisata Romantis di Jember

Foto: wowhii.com

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Teluk romantis ini berada di pesisir Pantai Payangan, dan menjadi ikon wisata alam kebanggaan warga Jember.

Indonesiainside.id, Jakarta — Kabupaten Jember memang memiliki berbagai destinasi yang menawarkan pesona keindahan alam. Keindahan itu bisa ditemukan di pesisir selatan yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

Pantai ini terletak di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Jarak tempuh dari Kota Jember kurang-lebih 32 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Pantai-pantai dengan lanskap yang indah menghiasi sisi selatan kabupaten dengan luas wilayah sekitar 3.293 kilometer persegi ini. Dan salah satu pantai dengan panorama indah adalah Payangan.

Keindahan Payangan tidak hanya tersaji di pasir pantainya yang berwarna hitam, di tempat ini terdapat bukit-bukit kecil yang bisa didaki wisatawan, yakni Seruni, Samboja, dan Suroyo yang menyajikan keindahan alam Jawa Tengah.

wisata2
Untuk menikmati keindahan Teluk Love, spot paling bagus adalah dari atas ketinggian Foto: WisataBaru.com

Pesona Bukit Suroyo
Satu hal yang khas dan unik di Pantai Payangan adalah terdapat Teluk Love yang berbentuk seperti hati. Teluk berbentuk unik ini letaknya berada di sebelah timur kawasan Pantai Payangan. Untuk menikmati keunikan dan keindahan Teluk Love paling bagus dinikmati dari atas ketinggian.

Para wisatawan bisa melakukannya dengan mendaki Bukit Suroyo atau Sroyo yang berada di sisi timur Pantai Payangan. Bukit ini dikelola oleh masyarakat setempat, tarif masuknya hanya Rp 5.000 yang digunakan untuk membenahi dan membangun fasilitas penunjang wisata.

Keindahan Pantai Payangan seolah menjadi teman setia ketika mendaki Bukit Suroyo, hijaunya bukit dan birunya langit serta lautan seolah berkolaborasi menghadirkan panorama yang begitu memesona. Setibanya di puncak bukit, telah tersedia beberapa spot foto dan gazebo sederhana untuk beristirahat.

Panorama ke arah selatan tampak begitu menawan, dengan pemandangan pulau Nusa Barong. Selain itu, tampak pula dari Bukit Suroyo ini ikon lain Kabupaten Jember, yakni Pantai Tanjung Papuma dengan keindahan pasir putih dan gugusan batu karangnya.

Keunikan lainnya adalah bukit Domba. Sesuai namanya, di tempat ini terdapat banyak domba yang berlalu-lalang di sekitar jalan setapak, hingga tebing Bukit Suroyo. Domba atau kambing milik warga itu memang bebas berkeliaran untuk merumput.

Teluk Love yang Romantis
Untuk menikmati sajian panorama utama dari Bukit Suroyo, bergeraklah ke sisi timur. Dari sudut inilah Teluk Love dapat diamati dengan sangat jelas. Disebut teluk Love karena lengkungan garis pantai teluk ini benar-benar tampak menyerupai bentuk hati.

Eksotisme Teluk Love tidak hanya dari bentuknya yang menyerupai hati, gugusan batu karang yang terletak di antara dua lengkungan juga semakin menjadikan panorama ini kian menawan.

Bentang lanskap sekitar Teluk Love pun turut menghias panorama, di tempat ini terdapat deretan pergunungan kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang berbaris di sisi timur yang semakin menambah keindahan teluk unik ini.

Kombinasi panorama ini seolah menjadikan Teluk Love sebagai spot yang romantis di kawasan Pantai Payangan. Teluk Love cocok dijadikan tempat melamar kekasih, dengan latar belakang yang indah dan romantis tentunya akan menjadi momen tak terlupakan.

Waktu terbaik untuk menggujungi lokasi ini adalah saat matahari terbit dan tenggelam. Hal ini pula yang menjadi dasar penamaan Suroyo pada bukit ini, yang berasal dari Suryo atau Surya dengan arti matahari. (Kbb)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here