Indonesiainside.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Populer
  • Pemilu 2024
  • News
  • Ekonomi
  • Risalah
  • Narasi
  • Home
  • Populer
  • Pemilu 2024
  • News
  • Ekonomi
  • Risalah
  • Narasi
Indonesiainside.id
Home Headline

Tarif Mahal, Jalan Tol Memang Untuk Orang Berduit

Oleh Eko Pujianto
Selasa, 26/02/2019 21:27
Tarif Mahal, Jalan Tol Memang Untuk Orang Berduit
FacebookTwitterWhatsapp

Oleh : Zahirudin

Tapi bukan berarti pemerintah tidak bisa mengupayakan jalan tol bagi masyarakat menengah ke bawah. Asalkan ada kemauan politik dan implementasi di tingkat kementerian

IndonesiaInside.id, Jakarta – Pembangunan jalan tol pada kenyataannya memang tidak diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah. Mahalnya tarif yang harus dibayarkan menjadikan jalan tol sebagai infrastruktur bagi mereka yang berduit, yang mampu membayar harga mahal tanpa harus bermacet-macetan.

Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan pembangunan jalan tol memang ditujukan bagi mereka yang memiliki mobil baik untuk kepetingan pribadi ataupun urusan bisnis. Menurutnya, semestinya tarif tol tidak menjadi masalah bagi masyarakat selama mereka masih menggunakannya.

Baca Juga:

Diprediksi Banjir Pemudik, Pemerintah Perlu Jauh-Jauh Hari Berbenah

Tarif Tol Naik, Cek Saldo E-Tol Sebelum Mudik

Sebab, kata Djoko, keluhan-keluhan mereka yang bermobil tentang tarif jalan tol memang sudah menjadi tabiat asli manusia yang jika diberikan kekayaan sebesar apapun masih tetap akan mengeluh. Namun, yang paling penting adalah bagaimana pemerintah juga mampu menyediakan jalan non-tol sebagai alternatif di jalan raya.

“Sehingga masyarakat jika merasa mahal menggunakan jalan tol (yang lajur pendek) maka dia bisa menggunakan jalan non-tol. Tapi jalan non-tol jangan banyak berlubang,” kata Djoko kepada IndonesiaInside.id dihubungi melalui sambungan telepon, Jakarta, Selasa (26/02).

Pembangunan jalan tol pun, Djoko melanjutkan, secara teori tidak pernah akan menyelesaikan masalah yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta. Sebab satu solusi yang dinilai paling efektif untuk mengatasi masalah transportasi di kota besar adalah dengan memperbanyak angkutan massal.

Besarnya investasi jalan tol yang mayoritas dipegang pihak swasta membuat prasarana beton konkrit itu akan tetap memasang tarif mahal. Namun jika ingin berbicara tentang transportasi yang efektif untuk masyarakat dengan tingkat mobilitas yang tinggi tentu yang paling pas dengan membangun angkutan massal secara besar-besaran.

Namun bukan berarti tidak ada solusi yang bisa dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tarif jalan tol yang terjangkau bagi masyarakat umum yang tidak memiliki mobil pribadi. Asalkan ada kemauan politik dari pemerintah kemudian dilanjutkan dengan implementasi di tingkat kementerian untuk mewujudkannya.

“Bagaimana caranya? Pemerintah membeli satu lajur untuk transportasi umum. Tarifnya bisa untuk satu hari penuh atau hanya pada saat jam-jam sibuk. Tapi jangan sampai membebankan operator jalan tol, karena bisa-bisa mereka tidak mampu mengembalikan modal. Itu malah akan menimbulkan masalah yang baru lagi. Ini bentuk atau cara pemerintah perhatian kepada rakyat,” ujar Djoko.

Dikutip dari Sindonews.com edisi Selasa (19/02/2019), pengamat transportasi Universitas Pakuan Bogor, Budi Arif mengatakan ada dua hal yang akan dilihat pengendara sebelum menggunakan jalan tol yakni keinginan dan kemampuan untuk membayar tarif tol. Namun masyarakat juga akan melihat waktu tempuh tol dan jalur eksisting yang menjadi pertimbangan.

Dia melanjutkan, dalam penetapan tarif tol, konsep yang diusung adalah pembangunan tol masih berkaitan dengan investasi bagi investor. Hal itu sudah barang tentu memiliki analisis finansial yang mengacu kepada benefit pengoperasian dibagi biaya pembangunan. Artinya terdapat ekonomi rekayasa yang masuk ke dalam ranah rencana bisnisnya.
Dia mencontohkan tarif tol Bocimi Seksi I dianggap terlalu mahal, tentu masyarakat harus memaklumi jika melihat penghitungan investasi melihat dari pekerjaan sebelumnya. Yakni pembebasan lahan dan lain sebagainya. Kata dia, nilai tersebut akan masuk ke dalam benefit yang dibagi cost.

“Tarif dimungkinkan bisa turun jika melihat waktu konsesi investor sudah balik modal. Investor itu waktunya 20-30 tahun,” katanya.(EPJ)

Tags: Tarif TolTarif tol mahal
Previous Post

Prabowo: Saya Wakafkan Sisa Hidup untuk Bangsa dan Negara

Next Post

Pemprov Kaltim Berupaya Tarik Wisatawan dari Kepulauan Seychelles

Rekomendasi Berita

PT Pelni Turunkan KM Dobonsolo dan KM Ciremai untuk Layani Arus Balik bagi Pemudik Motor
Headline

Kemenhub Gelar Mudik Motor Gratis, Buruan Daftar Begini Syaratnya

25/03/2023
Mabes Polri Gelar Hoegeng Awards, Kadiv Humas: Bukan Kontes Popularitas
Headline

Operasi Ketupat Berlangsung Selama 14 Hari, Simak Jadwalnya

25/03/2023
Gus Men: UIN Jakarta Jadi Barometer Studi Keislaman
Headline

Menag Ingatkan Jajarannya Soal Buka Puasa Bersama Dilarang

25/03/2023
Warga Palestina Dipaksa Beli Air Perusahaan Israel
Headline

Warga Palestina Dipaksa Beli Air Perusahaan Israel

25/03/2023
Tantangan Membersihkan 101 Juta Ton Puing Setelah Gempa Turki
Headline

Tantangan Membersihkan 101 Juta Ton Puing Setelah Gempa Turki

25/03/2023
Kemenhub Batalkan Mudik Gratis
Headline

Kuota Mudik Gratis Masih Ada, Buruan Daftar Sebelum Ludes

25/03/2023

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini

Songsong Idul Fitri, Sebelas Ruas Jalan Lumajang Jadi Prioritas Perbaikan

Songsong Idul Fitri, Sebelas Ruas Jalan Lumajang Jadi Prioritas Perbaikan

25/03/2023 23:16
PT Pelni Turunkan KM Dobonsolo dan KM Ciremai untuk Layani Arus Balik bagi Pemudik Motor

Kemenhub Gelar Mudik Motor Gratis, Buruan Daftar Begini Syaratnya

25/03/2023 23:13
Peran Masyarakat Diperlukan Untuk Atasi Kesenjangan Digital

Peran Masyarakat Diperlukan Untuk Atasi Kesenjangan Digital

25/03/2023 23:05
Mabes Polri Gelar Hoegeng Awards, Kadiv Humas: Bukan Kontes Popularitas

Operasi Ketupat Berlangsung Selama 14 Hari, Simak Jadwalnya

25/03/2023 22:47

Berita Populer

MPR Minta SKB 3 Menteri Soal Cuti Lebaran Direvisi Agar Adil

24/03/2023 16:00

Resolusi Islamofobia Global, Prancis & India Jadi Contoh Negara Yang Tidak Ramah Terhadap Muslim

24/03/2023 10:18

Diskriminasi dan Intoleransi Terhadap Minoritas Muslim di India Meningkat Pesat

24/03/2023 14:18

301 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Saat Nyepi

24/03/2023 13:21

Ikuti Kami

  • Mari sambut bulan mulia dengan sucikan hati, jiwa, dan pikiran.

Selama menunaikan ibadah puasa.

Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id

#bulanpuasa #puasa #ramadhan #ramadhan2023 #ramadhan1444h #indonesiainside
  • Sejarah mencatat 11 Maret sebagai perubahan besar bangsa Indonesia!

Memperingati Hari Supersemar 
11 Maret 2023

#supersemar #suratperintah11maret #indonesiainside
  • Stop diskriminasi perempuan.
Tanpa mereka kita tak akan mengenal
apa itu kasih sayang.

Selamat Hari Wanita Indonesia

#hariwanitaindonesia #wanita #wanitaindonesia #perempuan #perempuanindonesia #indonesiainside
  • Negara ini tumbuh karena para pekerja yang luar biasa. Terima kasih

Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id

#haripekerjanasional #pekerjaindonesia #kerja #pekerja #indonesiainside
  • Tahun 2023 adalah Tahun Kelinci Air. Dianggap Memiliki arti khusus
yang dianggap bisa memberikan pesan untuk melewati tahun ini. Apa saja arti dari kelinci air? Simak infografis berikut.

Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id

#imlek #tahunbaruimlek #imlek2023 #chinesenewyear #tahunkelinci2023 #kelinciair #tahunkelinciair #infografis #indonesiainside
  • Semoga tahun baru imlek membawa berkah, kesehatan dan keberuntungan bagi kita semua.

Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id

#tahunbaruimlek #chinesenewyear #imlek #imlek2023 #tahunbaruchina #tahunkelinciair #tahunkelinci #indonesiainside
Indonesiainside.id

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
No Result
View All Result
  • Home
  • Pemilu 2024
  • News
    • Nasional
    • Politik
    • Hukum
    • Humaniora
    • Internasional
    • Nusantara
  • Ekonomi
  • Metropolitan
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Tekno
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
  • Serba-serbi
    • Podcast
    • Foto
    • Infografis
    • Videografis
  • Media Monitoring
  • Berita Populer
  • Indeks Berita
  • Download Apps

© 2022 MediatrustPR. All right reserved