Faisal Basri Sarankan Kemenperin-Kemendag Digabung, Siapa Menterinya?

Faisal Basri
Pakar ekonomi, Faisal Basri. Foto: Kinibisa.com

Oleh: Suandri Ansah

Indonesiainside.id, Jakarta – Ekonom Faisal Basri menyatakan bahwa sebaiknya Kemnterian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali disatukan. Faisal menilai kinerja dua kementerian itu tak maksimal karena kerap bersebrangan.

“Saya kok melihat ada beda visi misi seolah-olah ada tembok tebal antara Kemenprin dengan Kemendag, barangkali udah saatnya untuk digabung kembali,” ujarnya dalam diskusi ekonomi di Jakarta Pusat, Kamis (17/7).

Kemudian, Faisal menyarankan agar pos industri dan perdagangan tidak diisi orang partai. Menurutnya, jika kementerian itu digabung, orang yang pas menempati posisi menteri adalah Chatib Basri.

“Sekali kali menteri industri itu dipegang akademisi, yang paling cocok Chatib Basri, jadi jangan ditaruh di keuangan, tapi di industri dan perdagangan. Kalau industri saja jangan Chatib Basri, karena dia betu- betul lahir batin paham dua persoalan ini,” imbuhnya.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Adhi Lukman bersepakat dengan usulan Faisal. Sebab, menurutnya selama ini kebijakan dua kementerian itu bersebrangan dan membingungkan pelaku usaha

“Saya setuju karena kadang-kadang kebijakannya tidak bisa dipisahkan arahnya. Kalau pun masih dipisahkan harus tetap sinkron. Selama ini ada hal yang kadang satu kanan satu kiri. Kita (pengusaha) di tengah, bingung ikut yang mana,” ujarnya ditemui di lokasi yang sama.

Soal posisi menteri, dia menyerahkan sepenuhnya urusan itu pada presiden terpilih. Adhi mengungkapkan, menteri yang berlatar belakang politik bisa jadi lebih profesional daripada akademisi ataupun pengusaha sebagaimana saat ini.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here