Naik Kuda Putih, Kim Jong Un Mendaki Gunung Tertinggi di Korut

Pemimpin Korut Kim Jong Un. Foto: KCNA

Oleh: Eko P

Indonesiainside.id, Pyongyang – Media pemerintah Korea Utara, Rabu (16/10), merilis foto-foto pemimpin Kim Jong Un yang sedang mendaki gunung tertinggi di negara itu dengan menunggang kuda. Amerika menilai aksi tersebut sebuah isyarat jika Korut sedang mempertimbangkan untuk melakukan sebuah “operasi besar.”

Foto-foto diunggah KCNA memperlihatkan Kim memakai mantel cokelat tua dan kacamata. Ia duduk di atas seekor kuda putih yang tali kekangnya tampak ditutupi dengan batu permata warna perak berkilau.

Pemotretan dilakukan di Gunung Paektu yang tertutup salju. Gunung tersebut adalah tempat ayah Kim, mendiang Kim Jong Il, dikatakan lahir ketika pelangi ganda menghiasi langit, menurut mitologi resmi Korea Utara.

Kuda putih itu juga merupakan simbol propaganda bagi keluarga Kim. Keluarganya telah memerintah Korea Utara selama tujuh dekade dengan kultus kepribadian yang kuat di antara para anggota keluarganya.

KCNA mengatakan pendakian Kim dengan menunggang kuda ketika turun salju pertama musim dingin ini adalah “peristiwa besar yang sangat penting.”

Sejak mengambil alih kekuasaan pada tahun 2011, Kim telah mengunjungi gunung itu dalam beberapa kesempatan. Seringkali pendakian dilakukan sebelum ia membuat keputusan penting, seperti sebelum pamannya dieksekusi pada tahun 2013. (EP/Voa)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here