Masjid Tanpa Pintu, Bisa Diakses Kapan Pun Mau

Masjid Haji Mohammad Zein Syukur di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, didesain tanpa pintu dan jendela sehingga bisa diakses kapanpun. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Umumnya masjid di Indonesia didesain lengkap dengan gerbang dan pintu-pintu dan jendela. Namun masjid ini justeru sejak awal berkonsep sebagai masjid terbuka layaknya sebuah bangunan pendopo yang bisa diakses kapanpun.

Adalah Masjid Haji Mohammad Zein Syukur di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, yang memiliki desain masjid tanpa pintu. Achmad Suja’i, pengurus sekaligus pembina masjid mengatakan bahwa meski tanpa pintu, Masjid Haji Mohammad Zein Syukur selama ini tetap aman. “Kekhawatiran itu (pencurian) sudah berlalu, walau mau ditutup sekalipun, kalau niatnya orang mencuri ya akan tetap hilang. Namun, selama ini di sini aman-aman saja,” jelas Suja’i.

Berbagai macam pertimbangan dan alasan yang menjadikan masjid ini terbuka diantaranya adalah agar orang yang ingin beribadah lebih mudah. “Shalat malam juga lebih mudah, jadi beribadah itu tidak dibatasi oleh waktu, kapanpun bisa,” tambah Suja’i.

Pria asal Banyuwangi yang telah tinggal di Jakarta selama 25 tahun ini juga menceritakan tentang 5 gentong yang berjejer untuk para jama’ah berwudhu di bagian depan masjid. “Gentong ini dibuat supaya terasa nuansa seperti orang orang dulu nuansa nuansa klasik, biasanya kan adatnya orang Jawa kan begitu. Jadi berasa nuansa yang Indonesia banget,” kata Suja’i.

Dengan konsep nuansa Indonesia, masjid ini juga dilengkapi dengan ukiran-ukiran yang terdapat di tiang-tiang penyangga, dinding dan langit-langit. Ukiran yang terbuat dari beton mengambil cetakan dari Jepara yang kemudian dibuat sendiri oleh para pendiri Masjid H.M Zein Syukur.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here