Penutupan Mal Sementara dan Turunnya Omzet Pedagang Tanah Abang

Warga melintas di depan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia di Jakarta, Selasa (24/3/2020). Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Indonesiainside.id, Jakarta – Melanjutkan upaya pencegahan virus corona (Covid-19) di wilayah DKI Jakarta, pusat perbelanjaan Plaza Indonesia akan tutup sementara mulai 25 Maret hingga 3 April 2020.

Hal itu dikatakan Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Ellen Hidayat, di Jakarta, Selasa (24/3).

Karyawan di beberapa gerai non kebutuhan pokok Plaza Indonesia mulai bersiap melakukan penutupan dengan menata kembali barang-barangnya. Sementara untuk gerai yang menjual kebutuhan pokok, tetap buka dengan jam operasional mulai pukul 11:00 – 17:00 WIB.

Sementara di ritel terbesar Asia Tenggara, Tanah Abang, beberapa pedagang merasakan dampak pencegahan penyebaran virus corona di Jakarta. Giman, penjual pakaian anak-anak mengatakan, bahwa omset penjualan menurun drastis. Jika biasanya toko yang dimiliki Giman mampu menjual hingga puluhan pakaian anak, seminggu belakangan tokonya hanya mampu menjual belasan pakaian saja.

“Omset turun secara langsung, tidak bertahap, biasanya kalau mendekati lebaran seperti ini, penjual memadati jalanan, sampai ngga muat. Sekarang kondisinya berbeda, lebih sepi,” kata pria yang berasal Sumatera Barat ini kepada Indonesiainside.id.

Giman menambahkan, tidak mungkin hanya tinggal di rumah dan tidak berjualan. “Kita kan usaha, nanti kalau ngga jualan, masalah dapur gimana?,” tutur Giman yang telah dua tahun berdagang di Tanah Abang.

Senada dengan Giman, Toni, pedagang pernak-pernik dan oleh-oleh umroh dan haji sejak tahun 2017, mengaku juga mengalami penurunan omset sekitar 80 persen. Toni membuka tokonya selepas sholat subuh. Sebelum wabah virus corona terjadi, biasanya Toni sudah mendapatkan lebih dari lima pelanggan yang membeli. Hari ini, Selasa (24/3), sampai jam 11.50 WIB, tokonya baru mendapatkan dua pelanggan saja. (Mi)


SS1

Atas: Bagian depan Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (24/3/2020).
Foto: Antara/ Muhammad Adimaja
Bawah: Suasana bagian luar Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (24/3/2020).
Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

 


s2 6

Atas: Sebuah gerai pakaian di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (24/3/2020).
Foto: Antara/ Muhammad Adimaja
Bawah: Salah satu toko pakaian di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (24/3/2020).
Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

 


s3 3

Atas:Karyawan membersihkan sebuah gerai sepatu di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (24/3/2020).
Foto: Antara/ Muhammad Adimaja
Bawah: Karyawan toko oleh-oleh tengah beristirahat di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (24/3/2020).
Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

 


S4 4

Atas: Seorang Karyawan bersiap menutup sebuah gerai di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (24/3/2020).
Foto: Antara/ Muhammad Adimaja
Bawah: Suasana bagian dalam Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (24/3/2020).
Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

 

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here