Pemasok Senjata dan Amunisi KKB Papua Diringkus

Indonesiainside.id, Jakarta – Satgas Gakkum Ops Nemangkawi 2020 berhasil menangkap penjual, pembeli dan pengantar senjata beserta amunisi. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono menyebut komplotan pemasok senjata untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) itu mengambil senjata dari Filipina dan menyuplai barang di Manado.

“Pelaku berinisial JI diamankan pada Jumat pagi (20/3) sekira pukul 04.50 WIT usai turun dari Kapal Labobar di Pelabuhan Manokwari,” kata Argo di Jakarta, Rabu (25/3).

Menurut dia, setelah dilakukan pembuntutuan dan penyelidikan akhirnya Satgas Gakkum Ops Nemangkawi berhasil menangkap dan mengamankan pelaku. Para komplotan baru turun dari Kapal Lababor ketika ditangkap.

“Pelaku merupakan target operasi Satgas Nemangkawi yang telah dipantau selama 27 hari atau semenjak ia berangkat dari Kota Timika, Papua menuju ke Manado,” kata Argo.

Sejauh ini, ada tiga pelaku yang diringkus. Mereka berinisial JI, FR dan RI. JI merupakan perantara jaringan penyedia senjata. Sementara FR adalah penjual senjata dan RI merupakan pembelinya.

Barang bukti yang disita dari JI yakni 1 pucuk senpi US Carabin, 1 pucuk senpi 38 SCP, 1 pucuk senpi kaliber 45 Caspion, 1 pucuk Baby Uzi 9mm. Sementara untuk amunisi, polisi menyita 67 amunisi campuran dengan rincian amunisi 8,4mm sebanyak 22 butir, amunisi cal 38 sebanyak 15 butir, amunisi cal 45 sebanyak 15 butir, dan amunisi 9mm sebanyak 15 butir.

Sementara barang bukti yang disita dari RI yakni 1 pucuk revolver hitam 6 silinder dan 1 butir cal 9mm. Dalam penangkapan, polisi juga menyita delapan unit hp berbagai jenis dan 1 buah buku tabungan BRI atas nama RI beserta kartu ATM.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here