DPRD Sepakat, Pemilihan Wakil Gubernur DKI Digelar 6 April

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, M Taufik. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta РDewan Perwakilan Daerah (DPRD) DKI Jakarta memastikan, rapat paripurna terkait pemilihan wakil gubernur (wagub) digelar 6 April mendatang. Keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan  pada rapat Badan Musyawarah (Bamus).

Wakil Ketua DPRD DKI Muhammad Taufik menuturkan, panitia pemilihan (panlih) sudah siap melaksanakannya dengan tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19, mulai dari pintu masuk hingga para anggota legislatif Jakarta memadati ruang paripurna. Artinya, kata dia, panlih sangat siap untuk menggelar paripurna pemilihan wgub DKI, meskipun bulan depan status Jakarta masih darurat.

“Surat edaran gubernur kan berakhir tanggal 5 April. Ada maklumat Kapolri, terus ada imbauan pemerintah pusat. Saya kira kita harus hargai itu,” ujar Taufik di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat.

Sementara, Ketua Panlih Wagub DKI Jakarta  Farazandi Fidinansyah mengatakan, keputusan tersebut diambil secara kolektif kolegial. Bahkan, ada beberapa aturan yang perlu panlih sesuaikan, terutama yang berkaitan dengan penambahan protokol peningkatan pencegahan Covid-19 saat paripurna digelar.

“Menimbang, menyikapi, mempertimbangkan kondisi terkini, menyepakati jadwal pemilihan wagub akan diselenggarakan tanggal 6 April, tepat setelah edaran dari gubernur selesai. Jadi kami harus sederhanakan kembali rangkaian (paripurna) yang awalnya berjam-jam, maksimal paripurna hanya dua jam,” kata Farazandi di lokasi yang sama.

“Jadi kemungkinan ada yang kita pecah, terutama visi-misi dan tanya-jawab akan kami selenggarakan mungkin dengan bantuan teknologi. Kami tetap mengacu pada tata tertib, kami laksanakan semua, tapi ini memang butuh penyesuaian dan inisiatif dari panlih juga,” ucapnya. (ASF)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here