70 Ribu Pemudik Banjiri Jabar, Ridwan Kamil Memohon Arus Mudik Dihentikan

Arus mudik. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Sekitar 70 ribu orang pemudik asal Jawa Barat telah kembali ke kampung halamannya dari Ibu Kota Jakarta. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku kehabisan alat tes untuk memastikan para pemudik dalam kondisi sehat dan tak terjangkit virus corona.

“Jadi Kalau kedatangan lagi… kami akan kehabisan alat untuk mengetes untuk meyakinkan bahwa mereka orang-orang mudik yang sehat,” kata Ridwan Kamil dalam rapat konferensi video bersama dengan Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin, Jumat(3/4).

Menurut dia, ditemukan banyak kasus positif Covid-19 di wilayahnya karena pemudik dari wilayah Jakarta.

“Kenyataannya, banyak yang tidak sehat Pak Wapres saya laporkan. Kemarin di Ciamis ada lansia sekarang positif Covid-19 gara-gara didatangi anaknya dari Jakarta,” jelas dia.

Dia pun meminta pemerintah pusat untuk menahan arus mudik dari Jakarta.

“Jika mudik ini tidak kita tahan, kami di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogya, pasti kewalahan luar biasa karena pulangnya itu ke pelosok-pelosok pak,” tambah dia.

Dirinya pun mengaku tengah melakukan kampanye kepada generasi milenial yang saat ini merantau di Jabodetabek untuk tidak mudik.

“Jika sayang orang tuamu, kakek nenekmu jangan pulang, tinggal di Jakarta dan sekitarnya Kira-kira begitu,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk tidak melarang masyarakat mudik menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Pemerintah hanya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak pulang ke kampung halaman karena berpotensi adanya penyebaran Covid-19.

Hingga saat ini, Indonesia mengkonfirmasi 196 kasus baru Covid-19 pada Jumat, sehingga jumlah kasus bertambah menjadi 1.986. (EP/aa)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here