Ada Iring-iringan Motor Pemudik di Tanjung Barat, Jakarta

jalan ditutup
Pengendara sepeda bermotor melintasi spanduk penutupan jalan di Jakarta. Foto: Antara.

Indonesiainside.id, Jakarta – Sejumlah pengendara sepeda motor terlihat melintas di Jalan Raya Tanjung Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Sabtu atau H-1. Iring-iringan motor itu diduga mudik lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

Para pemotor ini bergerak dari arah Jakarta atau Pasar Minggu menuju Depok. Mereka berpasangan mengenakan pakaian untuk jarak jauh seperti jaket tebal, sepatu, tas ransel, masker, dan sarung tangan.

Beberapa motor menggunakan nomor polisi B. Beberapa lainnya ada yang menggunakan plat N (Malang).

Penampilan mereka tampak berbeda jika dibandingkan pengendara motor jarak dekat. Mereka ada yang berangkat berdua saja, ada juga yang berkonvoi tapi saling menjaga jarak saat melaju di jalanan.

Pemotor tersebut memanfaatkan SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) untuk tempat berhenti sementara sebelum melanjutkan perjalanannya. Tidak seperti pemudik motor tahun-tahun sebelumnya yang identik dengan membawa barang berkapasitas besar seperti tas dan kardus.

Para pemotor yang diduga hendak mudik ini umumnya usia muda. Mereka berpasangan. Mereka pun membawa barang seminimal mungkin.

Pemudik motor yang berkelompok ini berhenti di SPBU Tanjung Barat. Mereka beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Seorang warga setempat menyebutkan jika ingin melintas ke Depok akan ada pemeriksaan oleh petugas. “Tapi kalau pasangan suami-istri boleh lewat, kalau sendiri pasti akan ditanya,” ucap salah seorang warga.

Sementara itu, menurut Asep (25) petugas SPBU Tanjung Barat, sejak kemarin sudah terlihat pemudik motor melintas jumlahnya belasan kendaraan. “Kemarin rame yang mudik anggota Grab, mereka sempat berhenti istirahat,” kata Asep.

Menurut Asep, jalan Tanjung Barat memang kerap digunakan oleh pemudik motor untuk melintas, biasanya mereka lewat Depok lalu bablas ke Bogor langsung menuju Puncak. Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, umumnya dilintasi para pemudik motor yang hendak pulang ke wilayah Selatan Jawa Barat seperti Cianjur, Bandung, bahkan Garut. (Ant/AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here