Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Bulan Ini

Ilustrasi mengisi token listrik PLN di KWH meter pelanggan. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Masyarakat miskin dan rentan miskin terdampak pandemi Covid-19 memperoleh kesempatan untuk mendapatkan akses listrik gratis dari PLN. Program ini berjalan selama 6 bulan mulai April – September 2020.

Listrik gratis itu diperuntukkan kepada pelanggan listrik rumah tangga 450V. Sementara untuk pelanggan 900 VA subsidi mendapatkan diskon 50 persen.

Mengutip dari akun Instagram resmi perusahaan setrum negara @pln_id, pelanggan listrik rumah tangga dengan daya 450 VA reguler (pascabayar) rekening listrik selama enam bulan (April-September) akan gratis secara otomatis.

Bagaimana dengan pelanggan 450 VA dengan skema prabayar?
PLN menyebutkan bahwa mereka akan diberi token gratis sesuai dengan pemakaian setiap bulan (tertinggi) terhitung selama 3 bulan terakhir. Token gratis itu akan diberikan mulai April hingga September tahun ini.

Sedangkan untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA subsidi reguler (pascabayar) selama 6 bulan terhitung sejak April-September hanya akan membayar biaya 50 persen. Artinya PLN memberikan diskon 50 persen untuk tagihan bulanan pemakaian listriknya.

Untuk daya 900 VA subsidi reguler prabayar maka setiap bulannya diberikan token gratis sebesar 50 persen x pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir.

View this post on Instagram

Repost @kesdm • • • • • • MAU DAPAT LISTRIK GRATIS? INI SYARAT DAN PROSEDURNYA _
Sobat Energi, beban perekonomian keluarga Sugiyanto (42 tahun) yang berjualan bakso di Desa Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur sedikit terbantu sejak Pemerintah mencanangkan program keringanan pembayaran tarif listrik. Tak tanggung-tanggung, pelanggan listrik 450 VA seperti Sugiyanto telah digratiskan, sementara diskon 50% diberikan bagi pelanggan 900 VA bersubsidi selama enam bulan, yakni April hingga September 2020. _
Kini, masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi listrik tapi belum menerimanya pun dapat menyampaikan pengaduan kepesertaan subsidi listrik ke desa/kelurahan. Masyarakat mengisi Formulir Pengaduan Kepesertaan Subsidi Listrik untuk Rumah Tangga yang tersedia di desa/kelurahan setempat. Selanjutnya, pengaduan akan diteruskan petugas melalui kecamatan setempat ke Tim Posko Penanganan Pengaduan Pusat lewat web subsidi.djk.esdm.go.id. _
Prosedur pengaduannya bahkan lebih mudah dengan hadirnya aplikasi mobile PEDULI. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone berbasis Android dan sudah dapat diunduh melalui Playstore sejak Januari 2020. Kehadiran aplikasi PEDULI mendapat apresiasi tertinggi dari @kemenpanrb. Aplikasi yang dirintis sejak tahun 2017 tersebut mampu menembus Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik. _
Yuk Sobat, yang merasa berhak mendapatkan subsidi cek segera di aplikasi PEDULI agar bisa segera menikmati seperti yang dirasakan Sugiyanto. _
#BantuanListrikPandemi
#ListrikUntukrakyat
#ListrikUntukSemua
#PowerBeyondGenerations
@kemenkominfo @kemensetneg.ri

A post shared by PLN (@pln_id) on

“Kini, masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi listrik tapi belum menerimanya pun dapat menyampaikan pengaduan kepesertaan subsidi listrik ke desa/kelurahan. Masyarakat mengisi Formulir Pengaduan Kepesertaan Subsidi Listrik untuk Rumah Tangga yang tersedia di desa/kelurahan setempat. Selanjutnya, pengaduan akan diteruskan petugas melalui kecamatan setempat ke Tim Posko Penanganan Pengaduan Pusat lewat web subsidi.djk.esdm.go.id,” posting PLN, Rabu(1/7).

Berikut cara untuk mendapatkan token gratis melalui website PLN:

1. Buka situs www.pln.co.id

2. Masuk ke menu pelanggan, dan menuju ke pilihan stimulus Covid-19

3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor meter, nama, tarif dan daya
4. Token gratis akan ditampilkan di layar, tinggal dimasukkan ke meteran

Masyarakat juga bisa mendapat token gratis PLN melalui Whatsapp. Ini caranya:

1. Buka aplikasi Whatsapp
2. Chat ke nomor 0812-2-123-123 dengan kata kunci ‘Listrik Gratis’
3. Ikuti petunjuknya dengan memasukkan ID Pelanggan
4. Token gratis akan muncul dan dapat diisikan ke meteran

(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here