Mengintip Kelebihan Eurofighter Typhoon yang Hendak Diborong Prabowo

Eurofighter Typhoon. Foto: eurofigther

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Pertahanan berencana memborong 15 jet tempur Eurofighter Typhoon dari Austria. Ini dilakukan untuk menambah alutsista di tanah air. Penambahan ini menjadi penting mengingat berbagai ancaman di kawasan yang memanas dengan berbagai manuver China di Laut China Selatan (LCS).

Eurofighter Typhoon sendiri merupakan pesawat tempur multi peran bersayap delta dan sayap kanard bermesin ganda. Jet ini super lincah bermanuver, yang dirancang dan dibuat oleh sebuah konsorsium negara-negara Eropa yang dibentuk pada 1983.

Dengan bentuk menyerupai pesawat tempur modern Eropa lainnya, seperti Dassault Rafale Prancis dan Saab Gripen Swedia. Karena kombinasi kelincahan, fasilitas stealth dan sistemnya yang modern, jet tempur ini dinilai banyak pengamat militer sebagai salah satu pesawat tempur hebat.

Eurofighter Typhoon memiliki superioritas perang udara jarak dekat, dengan kemampuan serangan permukaan. Selain itu usia operasionalnya dalam waktu yang lama, diperkirakan hingga 2040.

Eurofighter juga telah memiliki kemampuan supercruise, dapat menembus kecepatan 1 Mach atau kecepatan suara tanpa menggunakan After Burner. Disetarakan dengan keluarga SU-27 Flanker dari Russia atau keluarga F-15 Eagle dari Amerika Serikat. Jet tempur ini telah dipakai di sejumlah negara, seperti British Royal Air Force Inggris, German Luftwaffe, Italian Air Force, Spanish Air Force dan Austrian Air Force serta negara lainnya.

Salah satu armada perang termahal buatan Eropa ini dibuat dengan komposit terpilih sehingga mampu melakukan mode siluman juga dibekal dengan menggotong 6 bom, rudal, meriam, juga pod penargetan sasaran. Selain itu dengan sistem elektronik yang dimilikinya pesawat ini juga membuat pilot mampu mendominasi pertempuran di udara.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here